Kapolres Tapanuli Utara melalui Kepala Seksi Humas Ipda B Gultom mengungkapkan, dua pelajar yang masih memiliki hubungan kekeluargaan tewas tenggelam di perairan Danau Toba, tepatnya di Lumban Pasir, Desa Sibandang, Kecamatan Muara, Taput.

"Dua pelajar yang masih memiliki hubungan kekeluargaan tewas tenggelam di perairan Danau Toba Muara," terang Ipda B Gultom, Senin (19/6).

Disebutkan, kedua korban yakni Elisabeth Marbun (16), warga Jln Tuar Kelurahan Amplas Kecamatan Medan Amplas, Medan, dan Aloy Syahputra Siagian (17), warga Gajah Mati Desa Bukit Bintang Indah, Kecamatan Lauser, Aceh.

Keduanya diketahui sedang berkunjung ke rumah pamannya yang merupakan warga Desa Sibandang Kecamatan Muara, Taput.

"Peristiwa tenggelamnya kedua korban terjadi pada Minggu, 17 juni 2023, sekira pukul 17.50 WIB," terangnya.

Berdasarkan keterangan saksi yang dihimpun petugas, korban EM yang melompat ke dalam air ternyata tidak bisa berenang.

"Setelah tiba di pinggir pantai, korban EM melompat ke danau Toba namun tidak bisa berenang hingga akhirnya meronta-ronta di dalam air untuk meminta tolong," ujar Ipda Gultom mengutip pernyataan saksi RMS (14), dan CS (13), keduanya warga Desa Sibandang yang saat itu hendak mandi ke danau.
 

Masih menurut para saksi, setelah melihat EM hampir tenggelam, korban AS berupaya memberikan pertolongan dengan menjulurkan satu tangannya untuk diraih korban, sementara satu tangan lainnya memegang pinggir kapal yang sedang bersandar.

"Korban AS tidak sanggup menarik dengan satu tangan lalu melompat ke danau Toba berusaha untuk menolong. Namun korban EM memeluk erat korban AS hingga keduanya tenggelam," jelas saksi.

Setelah melihat keduanya sudah tidak muncul, kedua saksi pun melaporkan peristiwa itu kepada warga sekitar untuk melakukan pencarian. 

Tak berselang lama, warga sekitar bersama personil Polsek dan Koramil Muara, serta tim SAR dari Parapat turut melakukan pencarian namun tidak menemukan kedua korban.

Pencarian kedua korban yang dilanjutkan pagi tadi dan menemukan keduanya dalam keadaan tidak bernyawa sekira pukul 8.30 WIB.

Kedua korban yang dalam kondisi saling berpelukan dievakuasi petugas dari kedalaman 11 meter, tidak jauh dari posisi pertama tenggelam.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023