Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara Ismail mengatakan, stan PON XXI 2024 di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49, Medan, sengaja menyajikan beberapa aktivitas untuk menarik pengunjung.

"Dengan begitu, pengunjung mau singgah dan bisa mengetahui perkembangan serta persiapan terkini PON 2024," ujar Ismail kepada ANTARA di Kompleks PRSU, Medan, Sabtu.

Dia melanjutkan, kegiatan-kegiatan yang ada di stan PON XXI tersebut seperti tenis meja, bola basket dan catur. Masyarakat dapat memainkannya bersama atlet-atlet yang ada di sana.

Atlet binaraga Sumut juga hadir memamerkan ototnya dan mempersilakan pengunjung untuk berfoto bersama mereka.

Kemudian, stan PON 2024 dihiasi pula dengan peralatan beberapa olahraga misalnya sepak bola, taekwondo, silat dan lain-lain.

Lalu, di dalamnya terdapat spanduk memanjang yang berisi sejarah PON dari tahun pertama penyelenggaraan yakni 1948. Tidak ketinggalan informasi mengenai PON XXI 2024 yang disajikan via tampilan video.

"Stan PON 2024 ini memang yang terbesar di PRSU 2023. Ukurannya sekitar 5x3 meter," kata Ismail.

Baca juga: Gubernur Edy Rahmayadi semangati atlet di Pekan Raya Sumatera Utara
Tidak cuma itu, maket kompleks pusat olahraga terbaru Sumut yang tengah dibangun di Desa Sena, Deli Serdang, dapat dilihat persis di depan stan.

"Kami mau memperlihatkan Sumut siap menggelar PON 2024," tutur Ismail.

Antusiasme para atlet dan pengunjung di stan PON 2024 itu bertambah dengan hadirnya Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di sana pada Sabtu sore.

Edy menyemangati atlet-atlet Sumut dan mengingatkan mereka target juara umum PON 2024, yang digelar di Sumatera Utara dan Aceh.

Agar masyarakat Sumatera Utara mengetahui perkembangan persiapan PON 2024 di wilayahnya, Pemerintah Provinsi Sumut sengaja mendirikan satu stan khusus di PRSU ke-49 yang digelar 16 Juni-17 Juli 2023 di Medan.

Selain ada sosialisasi itu, Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49 juga menampilkan beragam hiburan, edukasi dan menjadi wadah pelaku UMKM dari kabupaten-kota di Sumut untuk menampilkan produk-produknya, baik itu kriya maupun kuliner.

Pihak penyelenggara berharap PRSU 2023, yang bertema "Berikan Cerita Terbaikmu", dapat menghadirkan 400 ribu sampai 600 ribu pengunjung selama 32 hari pelaksanaannya.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023