Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof Dr Agussani menyatakan, sebanyak 86 proposal yang diajukan mahasiswanya lolos pada ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemedikbudristek).

Jumlah meningkat 100 persen dibandingkan 2022 yang hanya meloloskan 42 proposal. Dengan capaian ini UMSU menjadi PTS peringkat 1 se-Indonesia dan peringkat 12 untuk PTN/PTS nasional dalam bidang PKM tahun 2023.

"Kita menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan mahasiswa di bawah pembinaan Student Research and Creativity Centre (SRCC) UMSU yang mampu meloloskan sebanyak 86 proposal," katanya di Medan, Jumat.

Menurutnya, ini adalah jumlah proposal tertinggi yang berhasil diraih UMSU selama ikut PKM, dan diharapkan dapat dipertahankan di masa mendatang. Pihak kampus  berkomitman menjadikan PKM sebagai budaya kreatif di kalangan mahasiswa UMSU.
"Alhamdulillah, ini capaian yang sangat membanggakan. Mahasiswa UMSU sangat luar biasa. Dengan pembinaan SRCC kita bisa mendapat jumlah yang sangat fantastis," katanya.

Sementara itu Ketua Student Research and Creativity Centre (SRCC) UMSU Fatimah Sari Siregar menjelaskan 86 proposal mahasiswa UMSU berhasil lolos didanai Kemendikbud RI tahun 2023 untuk delapan bidang.

Untuk tahun 2023 ini UMSU berhasil menghimpun lebih 1.200 judul yang kemudian diseleksi menjadi 425 judul. Selanjutnya UMSU melakukan pendampingan penyusunan dan seleksi proposal dan berhasil mengunggah 250 proposal ke Kemendikbudristek RI.

"Antusias mahasiswa sangat tinggi, lebih 1200 judul yang masuk dan kami bekerja keras menyeleksi hingga 250 saja yang terbaik kita unggah," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023