Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara(Sumut) bersama Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Provinsi Sumut menggelar operasi gabungan darat Pengawasan Orang Asing yang dilaksanakan di beberapa perusahaan di daerah itu,  Rabu.

Kegiatan diawali dengan arahan dan petunjuk persiapan Operasi Gabungan Tim Pora oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Gelora Adil Ginting didampingi Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Imam Santoso, Kepala Subbidang Intelijen Keimigrasian Ekjon Warman Lingga.

"Laksanakan sesuai dengan tupoksi masing-masing serta humanis dalam bertindak dalam kegiatan operasi gabungan darat pengawasan orang asing", ucap Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Gelora Adil Ginting.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Sumut pastikan Alokasi Dana Tahun 2024 sesuai prioritas

Rombongan Tiba di PT. Metalindo Anugerah Perkasa Jalan Pendidikan, Kampung Lalang, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara secara Insidentil.

Kemudian, langsung menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan dan melakukan pengawasan lapangan dan dilanjutkan pemeriksaan oleh Tim Pora untuk menemukan ada atau tidaknya indikasi pelanggaran keimigrasian ataupun permasalahan di perusahaan tersebut.

 

Dalam operasi ini petugas menemukan dua orang asing yang bekerja dan setelah dilaksanakan pemeriksaan oleh Tim Pora, WNA tersebut ternyata memiliki dokumen lengkap dan tidak melanggar aturan.

"Kegiatan ini dalam rangka menjaga tetap terpelihara nya keamanan dan kepentingan nasional dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat keberadaan dan kegiatan orang asing," kata Gelora.

Menurut Gelora, dengan mengacu kepada kebijakan pemerintah di bidang keimigrasian yaitu selective policy bahwa visa hanya diberikan kepada orang asing yang memberikan manfaat.

"Artinya tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum untuk diperbolehkan masuk dan berada di wilayah Indonesia," kata Gelora.

Tim Pengawasan Orang Asing yaitu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumut, Kepala BIN daerah Sumut, Kadis Tenaga Kerja Provinsi Sumut, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumut, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumut.

Kemudian, Kakanim Kelas I Khusus TPI Medan, Kakanim Kelas I TPI Polonia, Kakanim Kelas II TPI Belawan, Direktur Intelijen dan Keamanan Kepolisian Daerah Sumut, Asisten Intelijen Kasdam I/BB, Asisten Kejaksaan Tinggi Sumut dan Komandan Tim Badan Intelijen Strategis TNI Sumut.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023