Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara optimistis atlet National Paralympic Committee (NPC) provinsi setempat yang menjadi bagian dari kontingen Indonesia mampu mengukir prestasi di ASEAN Para Games 2023 Kamboja.

Kadispora Sumut Baharuddin Siagian di Medan, Selasa, mengatakan optimistis seluruh patriot olahraga NPC Sumatera Utara (Sumut) bisa mempersembahkan medali bagi kontingen Merah Putih di ASEAN Para Games pada 3-9 Juni.

Meski dinilai memiliki peluang besar untuk meraih medali emas, namun Baharuddin mengingatkan atlet untuk tidak menganggap remeh para kompetitor dari negara lain, namun justru menjadikan target tersebut sebagai motivasi untuk mengukir prestasi lebih baik.

"Kalau sudah pernah menjadi juara, jangan terus berbesar hati dan menganggap semua sudah selesai. Teruslah berlatih dan berjuang untuk kebanggaan keluarga, kebanggaan kabupaten, Provinsi Sumut, dan tentunya Indonesia," katanya.

Baharuddin pun menegaskan, pemerintah daerah maupun pusat pasti tidak akan lupa dengan perjuangan dan pengorbanan yang telah ditorehkan para atlet di setiap kejuaraan dan akan memberikan perhatian lebih terutama bagi atlet berprestasi.

Oleh karenanya, Baharuddin menekankan seluruh atlet agar mengerahkan kemampuan dengan maksimal sehingga dapat membawa pulang medali ke Tanah Air.

"Makanya, kalau nanti bisa dapat medali emas, mudah – mudahan dapat bonus dari Pak Gubernur atau Pak Jokowi. Makanya, latihan keras selama di pelatnas Solo bisa diaplikasikan dengan baik saat lomba nanti,” ucapnya.
 

Sementara itu Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting mengapresiasi langkah Pemprov Sumut yang telah menyempatkan diri memberikan motivasi tambahan bagi atlet sebelum berjuang ke ASEAN Para Games.

Alan yang juga didaulat sebagai pelatih atletik menyebut atlet Sumut siap merebut medali sebanyak – banyaknya di Kamboja.

"Sangat mengapresiasi setinggi – tingginya atas perhatian Pak Gubernur dan juga Pak Kadispora Sumut hadir langsung ke Solo. Kami tentu tambah termotivasi untuk bisa memberikan hasil maksimal di Kamboja nanti,” ucap Alan.

Pada ASEAN Para Games 2023, Sumut total mengutus 17 atlet dari lima cabang olahraga dan satu pelatih.

Meski Alan tidak ingin memberikan beban terlalu berat untuk semua atlet namun ia berani menargetkan 16 medali emas dari atlet asal Sumut.

“Saya optimis para atlet Sumut bisa kembali mempersembahkan medali bagi Indonesia. Insya Allah, jika berjalan sesuai rencana, maka bukan tidak mungkin 16 emas bisa kita sumbangkan untuk Indonesia di ASEAN Para Games nanti. Begitupun, kita minta doa seluruh masyarakat Indonesia dan Sumut khususnya agar semuanya bisa terwujud,” harapnya.

Adapun 17 atlet NPC Sumut yang tergabung dalam kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023, antara lain, Nur Fery Pradana, Eko Saputro, Habibil, Nina Gusmita, Riyadi Saputra, Reza Permana, Siti Nasikin (atletik). Kemudian Tambi Sibarani dan Nurtani Purba (angkat berat), Boy Parta Simanja, Wilma Sinaga, Yustina, Aisyah Putri, dan Khairunnisa (catur). Selanjutnya Syahrul dan Marialam Sihotang (judo), dan Rizki Bustami (voli duduk). Serta satu pelatih di cabang olahraga atletik Alan Sastra Ginting.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023