Sebanyak 72 rumah di Desa Bekulap, Padang Brahrang, Kuta Parit, Lau Mulgab, Pekan Selesai, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat rusak terkena  angin puting beliung.

Hal itu disampaikan Kalakar BPBD Langkat Irwan Sahri, di Stabat, Jumat (26/5).

Adapun rumah yang terkena angin puting beliung untuk Desa Bekulap yang rusak berat 23 rumah, rusak sedang 10 rumah dan rusak ringan delapan rumah sehingga keseluruhannya 41 rumah.

Sementara Desa Padang Brahrang rusak berat satu rumah, Desa Kuta Parit rusak berat tiga rumah, sedang 15 rumah dan ringan enam rumah, Desa Lau Mulgap rusak berat tiga rumah, sedang satu rumah dan ringan satu rumah, Kelurahan Pekan Selesai rusak berat saru rumah.

Total masyarakat yang terdampak berjumlah 72 rumah dengan kriteria 
rusak berat sebanyak 31 rumah, rusak sedang sebanyak 26 rumah dan 
rusak ringan sebanyak 15 rumah.

Peristiwa angin puting beliung itu terjadi Kamis (25/5) sekitar pukul 18.20 WIB, yang disertai hujan deras dan angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang, tiang listrik tumbang, atap rumah/seng terlepas/terbang dan kandang ternak tumbang.

Ada satu keluarga yang mengalami luka lecet, beram dan terkilir akibat tertimpa serpihan bangunan. Korban sudah berobat ke pelayanan kesehatan terdekat.

Saat ini korban yang rumahnya terdampak sudah memperbaiki dan memasang seng atau atap yang terlepas bersama-sama dengan warga yang tidak terdampak. Pihak PLN juga melaksanakan perbaikan jaringan yang terdampak.

Sementara upaya yang dilakukan BPBD Langkat berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa tentang data masyarakat yang terdampak bencana, 
berkoordinasi dengan TNI dan POLRI untuk keamanan dan kenyamanan warga. 

Selain itu memonitor prakiraan cuaca dan peringatan dini dari website BMKG dan menyampaikan kepada pihak kecamatan atau pihak desa serta melaksanakan posko siaga bencana di Kantor BPBD Langkat, katanya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023