Sebanyak 438 atlet disabilitas dari 16 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Utara bersaing menjadi yang terbaik pada Pekan Paralimpik Provinsi Sumatera Utara/II 2023 yang digelar 10-14 Mei.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara Alan Sastra Ginting di Medan, Kamis, mengatakan sangat mengapresiasi pengurus NPC kabupaten/kota se-Sumatera Utara yang mengirimkan atlet-atlet terbaiknya untuk mengikuti Peparprov yang mempertandingkan 12 cabang olahraga tersebut.

Sebanyak 16 NPC kabupaten dan kota yang mengirimkan atlet untuk mengikuti Peparprov tersebut adalah Kota Medan, Deli Serdang, Binjai, Langkat, Serdang Bedagai, Karo, Tebing Tinggi, Asahan, Samosir, Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Batubara, Dairi, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, dan Tanjung balai.

Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan, diantaranya boccia, atletik, taekwondo, tenis meja, catur, panahan, angkat berat, badminton, tenis meja, dan renang.
Peparprov kali ini menjadi sangat penting karena juga menjadi bagian dari persiapan NPC Sumut untuk menyiapkan atlet-atlet disabilitas terbaik untuk mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024 yang juga akan digelar di Sumatera Utara.

"Tentunya kami sangat berharap para atlet benar-benar serius untuk bertanding demi meraih prestasi karena Peparprov kali ini juga merupakan bagian dari seleksi atlet yang akan direkrut untuk memperkuat Sumut di Peparnas 2024," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan terus memantau atlet-atlet muda potensial dari berbagai kabupaten dan kota serta menjalankan salah satu program prioritas yaitu membentuk pengurus NPC di kabupaten dan kota yang belum memiliki pengurus.

"Peparprov ini adalah ajang yang sangat penting bagi kami untuk menatap Peparnas 2024. Melalui hasil kejuaraan inilah kami akan mencari atlet yang akan menjalani pelatda. Kami juga mengucapkan terimakasih yang setingginya kepada Gubernur Edy Rahmayadi yang telah memberikan perhatian besar kepada kami," tambahnya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023