Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan Benny Nasution mengatakan pameran penanda HUT Ke-43 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Lapangan Benteng, Medan, 16-21 Mei 2023, fokus menampilkan kriya atau kerajinan tangan.

"Dalam pameran itu ada sekitar 100 UMKM dari provinsi-provinsi di Indonesia," ujar Benny kepada ANTARA di Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Menurut Benny, kriya-kriya itu akan menampilkan ciri khas dari masing-masing daerah misalnya Kalimantan dan Papua.

Kain khas Sumatera Utara, ulos, juga akan diperlihatkan di sana. Bukan cuma itu, akan ada pula pertunjukan penenunan ulos di pameran tersebut.

"Jadi acara-acara di pameran itu akan menarik," tutur Benny.
Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan juga menargetkan produk-produk kriya tersebut laku diborong pengunjung.

Untuk itu, mereka berharap pengusaha-pengusaha di Medan untuk datang ke pameran tersebut dan membeli produk-produk hasil UMKM tersebut.

"Bapak Wali Kota Bobby Nasution dan istri Kahiyang Ayu mengundang pengusaha-pengusaha di Medan untuk datang ke "expo" dan berbelanja di sana," kata Benny.

Medan menjadi tuan rumah HUT Ke-43 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2023. Acara perayaan hari ulang tahun organisasi yang saat ini dipimpin istri Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin, Wury Ma'ruf Amin, itu digelar pada 16 Mei 2023.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo dijadwalkan menghadiri kegiatan tersebut, begitu pula Wury Ma'ruf Amin.

"Beberapa istri menteri kabinet rencananya juga hadir dalam acara itu," ujar Benny.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023