Sebanyak 20 putra-putri asal Tapanuli Selatan (Tapsel) kini mengikuti tahap seleksi magang Ke Negara Jepang. Sebelum berangkat peserta wajib mengikuti seleksi di tingkat kabupaten, provinsi, dan pusat.

Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu, Kamis (11/5), mengatakan ke 20 putera/puteri Tapsel itu kini mendapat pelatihan magang di UPTD Balau Latihan Kerja (BLK) Tapsel di Siharang-Karang, Padang Sidempuan.

"Untuk tingkat kabupaten peserta dibekali pelatihan Bahasa Jepang, peningkatan IQ termasuk ketahanan fisik menyesuaikan kondisi alam Negara Sakura (Jepang) oleh instruktur terlatih," katanya.

Kepada seluruh peserta magang Bupati berpesan agar betul-betul dapat mengikuti seleksi dengan serius, dengan harapan peserta bisa lolos ke tahap berikutnya dan bisa bekerja (berangkat) ke Jepang. Kelak dapat membahagikan keluarga.
Sementara Kadis Ketenagakerjaan Achmad Raja Nasution, mengatakan program magang ke Jepang ini atas tingginya perhatian Pemkab (Bupati) Tapsel terkait upaya membuka lapangan pekerjaan.

"Program magang ke Jepang 2023 ini untuk kali yang kedua sejak Tahun 2022 (9 orang akan di berangkat ke Jepang). Sumber dananya dari APBD Tapsel. Program seperti ini ada juga ke Korea,"  katanya.

Minda Mora Pasribu, asal Marancar, Fadliyansah Siregar asal Sipirok,  Galih asal Muara Batang Toru, ketiganya senada bertekad akan mengikuti training secara maksimal serta fokus.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023