Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution bersama Wakil Wali Kota Arwin Siregar didampingi Sekdako H. Letnan Dalimunthe menghadiri rapat paripurna DPRD dengan materi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Tahun Anggaran 2022 dan Ranperda tentang pengelolaan keuangan daerah.

Rapat paripurna yang digelar di ruang Paripurna DPRD Padang Sidempuan, Rabu, dibuka Ketua DPRD Siwan Siswanto didampingi Wakil Ketua Rusydi Nasution, dan Erwin Nasution.

Dalam sambutannya Irsan Efendi Nasution menyampaikan bahwa ada beberapa informasi yang perlu disampaikan tahun anggaran 2022 terkait berbagai prestasi yang telah diraih Pemkot Padang Sidempuan. Seperti dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama tahun 2022 tingkat nasional.

Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah meraih penghargaan terbaik I Penghargaan Pembangunan daerah (PPH) tahun 2022 tingkat Kota se-Sumatera Utara. Kemudian Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata meraih 62 medali pada event olahraga tingkat provinsi, serta mengutus 3 orang Paskibra tingkat provinsi dan 1 orang  tingkat nasional.

Dinas Pendidikan juga meraih juara festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Sumut, juara I Bintang Pelajar Anti Narkoba dari Andika Production dan Juara III pada Asian Cup 2022 U- 11.

Lebih lanjut, Wali Kota Padang Sidempuan menyampaikan terimakasih kepada segenap anggota DPRD atas dukungan dan kerjasama yang baik selama ini sehingga pelaksanaan pembangunan di Kota Padang Sidempuan berjalan dengan baik.
"Kami menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kota Padang Sidempuan," ucapnya.

Ia berharap semua anggota DPRD Padang Sidempuan dapat memberikan pemikiran-pemikiran konstruktif dalam pembahasan nantinya dengan keberpihakan terhadap upaya penyelenggaraan pembangunan kesejahteraan masyarakat Padang Sidempuan.

Sementara Ketua Fraksi Golkar Abdul Haris Nasution mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkot yang telah menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pengelolaan keuangan daerah.

Dengan harapan dapat meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan tata kelola keuangan pemerintah daerah yang semakin baik, bersih dan bertanggung jawab.

Kemudian pandangan Fraksi Gerindra Muhammad Iqbal mengucapkan terimakasih atas penyampaian rancangan peraturan daerah tentang pengelolaan keuangan daerah.

Iqbal juga meminta agar Pemko Padang Sidempuan kembali menata seputaran jalan Patrice Lumumba karena masih terdapat kemacetan.

Lebih lanjut, dari Fraksi PAN Erpi J Samudra menyampaikan bahwa Fraksi PAN sangat mengapresiasi apa yang sudah disampaikan Walikota Padang Sidempuan, dimana diantaranya Pemkot Padang Sidempuan menerima opini WTP untuk ketiga kali secara berturut-turut di bulan ramadhan yang lalu.

Terkait Ranperda usulan pengelolaan keuangan daerah yang diusulkan Pemkot Padang Sidempuan, menurutnya Ranperda tersebut sangat penting sifatnya untuk dilaksanakan dan menerima LKPJ Tahun 2022 dan Ranperda pengelolaan keuangan daerah untuk dibahas di rapat selanjutnya.

Di ujung paripurna tersebut terpantau, DPRD Kota Padang Sidempuan menyetujui LKPJ Pemkot Padang Sidempuan tahun anggaran 2022 tersebut.


Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023