BPJamsostek Cabang Padang Sidempuan menyambut Hari Buruh dengan suka cita. Wajar, mengingat BPJS Ketenagakerjaan hadir sebagai jembatan menuju kesejahteraan pekerja.

Dr Sanco Simanullang, Kepala BPJamsostek Cabang Padang Sidempuan, mengutarakan hal itu, Rabu (3/5), terkait Hari Buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei setiap tahun.

"Selamat hari buruh kepada seluruh pekerja, baik pekerja formal juga pekerja informal. Kami (BPJamsostek) siap memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat pekerja," ucapnya.

Selain memberikan ucapan selamat, pada Hari Buruh kali ini, Sanco langsung menyapa karyawan sekaligus sosialisasi manfaat Jamsostek kepada para tamu BPJamsostek yang datang.

"Membangun komunikasi dan hubungan baik secara intensif kepada seluruh masyarakat pekerja merupakan visi dan misi kita. Memberikan kontribusi dalam pembangunan dan perekonomian bangsa dengan tata kelola baik," tegasnya.

Dalam kesempatan itu Sanco menyarankan kepada setiap peserta Jamsostek agar menggunakan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) karena manfaatnya sangat banyak.

Manfaat dimaksud di antaranya pengajuan manfaat perumahan pekerja, dana siaga, promo/voucher dan discont merchant, streaming, e-wallet, top-up dan tagihan, serta pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) dengan saldo kurang dari Rp10 juta.

"Tentunya pengajuan klaim JHT ini sangat digemari peserta saat ini, mengingat klaim tidak perlu mengunggah berkas, melainkan hanya me-input data-data peserta dan bisa langsung masuk ke rekening bank di hari yang sama," paparnya. 

Agen PERISAI Dapat Pencerahan
Di hari yang sama, BPJamsostek Cabang Padang Sidempuan juga mensosialisasikan aplikasi JMO  kepada 30 orang agen PERISAI (Penggerak Jaminan Sosial Indonesia) di Kantor Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM Kabupaten Tapanuli Selatan. 

Agen PERISAI itu merupakan petugas retribusi pasar di Tapanuli Selatan yang baru terdaftar sebagai peserta Jamsostek yakni pada April 2023. Agen PERISAI itu diberikan pencerahan untuk dapat memahami dalam mengakses Aplikasi JMO,  termasuk dalam mendaftarkan peserta baru Jamsostek.

"Dengan adanya agen PERISAI ini, seluruh petugas retribusi ini diharapkan dapat memperluas informasi terkait program Jamsostek, sehingga nantinya diharapkan lebih banyak pedagang yang mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, khususnya pedagang di pasar," harap  Sanco. 

Program Jamsostek, ungkapnya bukan hanya dapat dinikmati oleh pekerja formal, namun pekerja informal juga berhak memperoleh manfaat tersebut. "Untuk itu, BPJamsostek melalui agen PERISAI terus meningkatkan kerja sama dalam rangka perluasan jumlah peserta," tuturnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023