Pemerintah Kota Sibolga  menggelar peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023, dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” di Lapangan SMP Negeri 1 Sibolga, Selasa (02/05).

Pada kesempatan tersebut, Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum, Hendra Darmalius, mewakili  Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan, Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum, Hendra Darmalius saat membacakan sambutan Mendikbud RI menyampaikan.

"Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara," katanya.

Masih katanya, pendidikan yang menuntut bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat. 

Anak-anak bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.
Para kepala Sekolah dan Kepala Daerah yang dulu kesulitan memonitoring sekarang dapat menggunakan Data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan. Para Guru yang dulu diikat dengan peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi dengan hadirnya Kurikulum merdeka.

"Mari kita ingat bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan merdeka belajar. Transformasi masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak. Hardiknas tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi sepanjang 3 tahun terakhir," ujarnya.

Lanjutnya, layar yang sudah terbentangkan jangan sampai terlipat lagi. Para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik diseluruh penjuru Nusantara, ada Kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia. 

"Perjalanan  harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan Kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita. Mari semarakkan hari ini dengan Perwujudan Merdeka belajar dengan mendidik Generasi yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan. Selamat Hari Pendidikan Nasional," pungkasnya.

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023