Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Sumatera Utara dalam dua hari ke depan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat pada sore dan malam hari.

"Atas kondisi tersebut kepada masyarakat diimbau untuk tetap waspada potensi hujan lebat disertai petir yang dapat menyebabkan banjir terutama hujan di kawasan pegunungan," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba, Selasa.

Secara umum cuaca  di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari  berawan dan berpeluang hujan ringan di Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Sibolga, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara dan  sekitarnya.

Siang  dan sore hari  berawan dan berpeluang hujan ringan hingga hujan lebat di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Batubara dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga hujan lebat di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Batubara, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan,  Padang Sidempuan, Toba, Tapanuli Utara, Padang Lawas, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Dini hari berawan banyak dan berpeluang hujan ringan hingga sedang di Langkat, Binjai,  Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing  Tinggi, Batubara, Asahan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat,  Tapanuli Tengah,  Sibolga, Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 16.0 – 33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen dan  angin berhembus dari  Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan  10 – 30 km/jam.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023