Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Medan menyebut 92,86 persen ASN di lingkungan Pemkot Medan hadir pada hari pertama kerja usai libur Lebaran 2023.

"Jadi ASN yang hadir itu ada 92,86 persen, dan tidak hadir itu 7,13 persen," ucap Sekretaris BKDPSDM Kota Medan Adrian Saleh di Medan, Sumut, Rabu.

Ketidakhadiran ASN ini, kata dia, karena beberapa kondisi di antaranya sedang sakit, kemudian cuti, dan menjalankan dinas luar Kota Medan.

Kemudian 0,1 persen lagi ketidakhadiran ASN ini sesuai imbauan Presiden Joko Widodo agar pemudik, termasuk ASN menunda kepulangan menghindari puncak arus balik pada 24 dan 25 April 2023.

Pemerintah telah menetapkan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah pada 19—25 April 2023 sesuai SKB 3 Menteri Tentang Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2023.
"Seperti arahan pak Presiden penundaan arus balik mudik, kita masih menunggu konfirmasi dari OPD-OPD karena kita tahu masih ada rekan-rekan ASN di luar kota atau masih mudik," katanya.

Baca juga: Usai libur lebaran 1444 H, 90 persen kehadiran ASN Padang Sidempuan

Pihaknya juga memastikan kepada para ASN di lingkungan Pemkot Medan yang masih berada di luar Ibukota Provinsi Sumatera Utara bisa memperpanjang atau mendapat tambahan cuti.

Pantauan sejumlah OPD di lingkungan Pemkot Medan, pada hari ini ASN melaksanakan apel pagi di antaranya Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi, dan Badan Pendapatan Daerah.

Data BKDPSDM Kota Medan menyebut jumlah ASN pada 51 OPD di lingkungan Pemkot Medan tercatat 11.192 orang dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 1.800 orang.

"Jadi bisa memperpanjang, kita menunggu itu. Nanti kita dapat angka final, mungkin besok berapa yang benar-benar tidak hadir kerja tanpa keterangan," tegas Adrian.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023