Ribuan warga Medan dan sekitarnya antusias memadati Jalan Pulau Pinang, Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara, Jumat malam, untuk melihat pawai mobil hias pada malam takbiran menyambut Lebaran 2023.

Wartawan ANTARA di lapangan melaporkan, warga sudah berdatangan sejak pukul 19.00 WIB. Terlihat ratusan mobil yang dihias khas Lebaran seperti berbentuk masjid sudah antre untuk pawai. 

Ada juga mobil hias berbentuk Stadion Teladan, rumah adat, dan lainnya. Sebagai penambah keindahan setiap mobil hias itu pun ada ketupat, bulan sabit, beduk dan lainnya sebagai ciri khas pada Lebaran.

Seorang warga Medan Tembung, Della, mengaku sangat antusias melihat pawai mobil hias tersebut. Apalagi sudah hampir tiga tahun tak digelar dikarenakan pandemi COVID 19. 

"Susah tiga tahun tidak melihat ini, syukurlah sudah pulih dari pandemi. Semoga tahun depan akan meriah lagi dengan nuansa Lebaran di Lapangan Merdeka Medan ini," ucapnya.
 
Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman menyatakan ada sekitar 180 mobil hias yang mengikuti pawai malam takbiran tahun ini.

"Harapan pemerintah Kota Medan pada Lebaran ini semoga kita terbebas dari COVID 19, agar perekonomian kita bangkit dan menjadi negara yang produktif ke depannya terkhusus di Kota Medan," ucapnya. 

Kegiatan malam takbiran dan pawai mobil hias ini dilakukan di dua tempat yakni di Lapangan Merdeka Medan dan sekitar Kantor Camat Medan Marelan. 

Wali Kota Medan Bobby Nasution berada di Kantor Camat Medan Marelan, sedangkan Wakil Wali Kota Aulia Rachman di Lapangan Merdeka.

Bobby mengatakan 1 Syawal tahun ini merupakan perayaan tahun pertama setelah dilanda COVID 19. 

"1 Syawal ini tanpa ada PPKM, oleh karena itu banyak makna yang kita ambil di Idul Fitri tahun ini, dimana tahun sebelumnya dengan segala keterbatasan kita mampu. Oleh karena kita merayakan Idul Fitri lebih hikmat dan bisa saling silaturahmi," ucapnya. 
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023