Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan memperbaiki tiga ruas jalan provinsi di wilayah Kota Medan, Sumatera Utara. 

"Ketiga ruas jalan itu yakni Jalan Setia Budi, Jalan Marelan Raya dan Jalan TB Simatupang," ujar Kepala Dinas SDABMBK Kota Medan, Topan Obaja Putra Ginting, di Medan, Rabu. 

Ia menerangkan, perbaikan jalan tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kota Medan setelah terbit surat Gubernur Sumatera Utara Nomor 600.1.7/1834/2023.

Surat itu tertulis perihal berita acara pendelegasian kewenangan penanganan pemeliharaan rutin dan berkala di ruas jalan provinsi di Kota Medan.

"Setelah keluar surat Gubernur Sumut, maka kita langsung bergerak melakukan perbaikan untuk memenuhi aspirasi masyarakat," tegas dia. 

Perbaikan ketiga ruas jalan provinsi ini terus dilakukan pihaknya, di antaranya Jalan Setia Budi di Simpang Selayang dilakukan dengan mengorek jalan yang bergelombang.

Dengan kedalaman pengorekan jalan mencapai empat centimeter untuk selanjutnya di ruas ini nanti dibuatkan dua lapis dengan ketebalan 10 centimeter.

Data Dinas SDABMBK Kota Medan menyebut sejak awal tahun ini memperbaiki sejumlah ruas jalan, termasuk pembangunan di empat titik dan pelebaran di 19 titik.

Selain itu dengan anggaran terus bergulir, dinas ini juga telah melakukan rekonstruksi jalan di 98 titik, dan pemeliharaan berkala di 47 titik di Kota Medan.

"Kami gencar melakukan pembenahan jalan maupun drainase agar warga tak mengeluhkan lagi kerusakan jalan, seperti di tiga ruas jalan provinsi itu," sebutnya.

Pembenahan infrastruktur ini merupakan salah satu program prioritas telah ditetapkan Wali Kota Medan Bobby Nasution sejak awal memimpin, ungkap Topan.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023