Warga Kota Pematang Siantar diimbau agar membeli kebutuhan bahan pokok dan kebutuhan penting lainnya secara bijak selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah, terkhusus menjelang Idul Fitri 2023.

"Belanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan," pesan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA, Selasa (4/4). 

Imbauan belanja bijak dan tidak berbelanja panik ini, disampaikan untuk mengendalikan angka inflasi pada Bulan Maret dan April 2023 sekaitan masuknya bulan Ramadhan dan Idul Fitri. 

Dikatakan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pematang Siantar telah melaksanakan pemantauan harga komoditas secara harian, inspeksi mendadak ke pasar dan distributor, pasar murah di delapan titik. 

TPID melakukan pertemuan pada Maret 2023 dalam rangka penguatan koordinasi pelaksanaan program pengendalian inflasi, khususnya dalam menyambut periode Ramadhan 1444 Hijriah. 

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pematang Siantar Zulfan SE menerangkan, secara bulanan, periode Maret 2023, perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) Umum Kota Pematang Siantar mengalami deflasi -0,30 persen. 

Deflasi tersebut utamanya didorong penurunan harga, juga tersedianya bahan pokok pada beberapa komoditas, di antaranya cabai merah, beras, dan udang basah. 

Di sisi lain, beberapa komoditas terpantau mengalami inflasi pada Maret 2023, di antaranya komoditas rokok kretek, rokok kretek filter, dan bawang putih. 

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023