Tim medis Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan yang terdiri dari dokter, penanggungjawab klinik dan perawat mengikuti kegiatan workshop akreditasi klinik yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat bersama dengan lembaga akreditasi fasilitas kesehatan Indonesia yang diadakan di aula Dinas Kesehatan, di Stabat, Sabtu (1/4).

Kegiatan Workshop ini berlangsung selama tiga hari sejak dari 31/3 hingga 2/4 dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dr. Sari Emma, M.Kes selaku Surverior Akreditasi FKTP Kemenkes RI. 

Dimana tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan primer dan keselamatan pasien melalui pelaksanaan akreditasi klinik serta untuk nenyiapkan proses akreditasi klinik.  
                                                                                                                                          Akreditasi klinik  merupakan suatu mekanisme regulasi yang tujuannya adalah untuk mendorong upaya peningkatan kinerja dan  mutu pelayanan klinik yang dilakukan oleh lembaga independen yang telah diberikan kewenangan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

Sementara itu klinik Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pangkalan Brandan sejak 22/2 sudah memiliki izin klinik sesuai dengan Sertifikasi Standar Klinik Pemerintah yang sekarang sudah berubah nama menjadi Klinik Pratama Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan. 

Sementara dr Ummi Z Simbolon mengatakan kegiatan workshop akreditasi ini berkaitan erat dalam rangka persiapan pelaksanaan akreditasi klinik yang merupakan bagian dari Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. 

Sehingga harapannya Klinik Pratama dalam jangka dua tahun setelah izin klinik keluar dapat mempersiapkan dan meningkatkan optimalisasi pelayanan kesehatan di lingkungan kerja Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan, kata Ummi.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023