Gelar tradisi kearifan lokal mandi untuk mensucikan diri menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini (1444 H - 2023 M), ratusan pengunjung umat Muslim Kabupaten Padang Lawas (Palas) meramaikan lokasi objek wisata alam pemandian sungai Siraisan di Kecamatan Ulu Barumun, Rabu (22/3) sore.

Amatan ANTARA, para pengunjung tempat wisata alam yang melakukan tradisi mensucikan diri menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari usia anak - anak, remaja, hingga dewasa.

Usai melakukan aktivitas mandi untuk mensucikan atau membersihkan diri, sebagian pengujung di objek wisata alam itu terlihat asik bermain menikmati indahnya aliran sungai Siraisan dengan memanfaatkan fasilitas sarana bermain seperti ban dalam mobil yang disewakan para pedagang di sekitar objek wisata itu.

B Nasution mengatakan, kegiatan mandi untuk mensucikan diri menyambut datangnya puasa Ramadha dilakukannya bersama keluarga besarnya setiap tahun. Melalui acara tradisi penyambutan bulan suci Ramadhan itu, ia berharap seluruh anggota keluarga besarnya diberi kesehatan, kekuatan dan kemampuan dalam menjalankan ibadah puasa oleh Allah SWT.

"Kiranya kita semua juga diberi keberkahan dan tetap dalam lindungan Allah SWT, agar bisa meningkatkan bersama amalan ibadah masing - masing di bulan puasa nanti," tambah B Nasution saat berbincang dengan ANTARA, di lokasi pemandian alami sungai Siraisan.

Kegiatan tradisi mensucikan diri umat Muslim Palas itu dipantau sekaligus diberi pengamanan oleh sejumlah personel kepolisian dari Polres Palas dan petugas Dinas Perhubungan juga Satpol PP Palas.

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023