Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengharapkan para bhabinkamtibmas agar membantu kegiatan masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa.

"Mulai dari pelaksanaan shalat lima waktu, shalat tarawih di malam hari di masjid sampai shalat Idul Fitri karena kegiatan tersebut apabila lancar dalam pelaksanaannya maka akan menjadi ladang ibadah buat kita semua," kata Panca dalam sambutannya dibacakan Dir Binmas Polda Sumut Kombes Pol Ja'far Sodiq, Jumat.

Hal tersebut dikatakan Kapolda Sumut pada Rakor Bhabinkamtibmas Sejajaran Polda Sumut TA. 2023.

Ja'far menyebutkan, sebentar lagi masyarakat Sumatera Utara khususnya umat Islam akan memasuki Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Ia mengatakan begitu juga di tahun depan sudah tidak terasa akan memasuki tahun politik.

Hal itu perlu di waspadai oleh para bhabinkamtibmas sendiri, minimal anggota bhabinkamtibmas sudah mengetahui kalender Tahun Politik.

"Mulai dari kapan di mulai tahapan-tahapan dan jadwal pemilu serta terus bersinergi dengan instansi lain untuk dapat bekerja sama dalam menyukseskan pesta Demokrasi yang akan di gelar tahun depan," ucapnya.

Dir Binmas mengatakan yang penting mengetahui peta daerah - wilayah rawan yang bisa timbul gejolak dari masyarakat. Diharapkan para bhabinkamtibmas sudah mempunyai deteksi awal tentang daerah - wilayah tersebut.

Ia berharap kepada para peserta rakor agar dapat dengan sungguh -sungguh mengikuti kegiatan rakor ini dengan baik agar terdapat satu kesepahaman persepsi.

"Kita dalam menjalankan tugas Preemtif di tengah - tengah masyarakat dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dan ilmu yang di peroleh dari nara sumber nantinya juga dapat di implementasikan dalam pelaksanaan tugas bhabinkamtibmas," kata Ja'far.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023