Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Medan meminta pelatih agar selektif dalam proses penetapan calon atlet binaan, demi mendapatkan atlet yang benar-benar berkualitas dan nantinya mampu membawa harum nama daerah.

Ketua KONI Medan Eddy Sibarani di Medan, Selasa, mengatakan, secara khusus ia berharap kepada para pelatih untuk serius dalam menyeleksi atlet yang akan dijadikan atlet binaan.

"Sehingga mereka yang terjaring menjadi atlet binaan nanti benar-benar berkualitas. Termasuk kepada atlet untuk latihan serius dan jaga kondisi guna menyongsong PON 2024," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengatakan, Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) tingkat kecamatan se-Kota Medan baru selesai digelar. Melalui Porwil tersebut diharapkan akan muncul bibit-bibit atlet berkualitas yang siap menggantikan atlet senior nantinya.

"Kami berharap Porwil itu menjadi landasan untuk lebih banyak lagi melahirkan bibit-bibit atlet guna menjadi andalan Medan bahkan Sumut di event-event nasional. Dari 20 cabang olahraga yang kita pantau langsung, rata-rata jumlah peserta secara kuantitas ramai semua," katanya.

Sementara itu Sekretaris Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Medan, Syafriadi, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Porwil yang digelar KONI Medan setiap tahunnya.

Melalui kejuaraan berjenjang seperti itu, PASI Medan berharap akan terjaring bibit-bibit baru yang bisa menjadi generasi emas.

"Kami sangat apresiasi dengan gelaran Porwil ke-8 itu. Tidak hanya itu, karena ini akan berjenjang ke Porkot. Maka, kami berharap bisa menjaring atlet potensial dari kecamatan-kecamatan yang nantinya menjadi wakil Sumut di event nasional," katanya.


 

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023