Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, terus mempromosikan berbagai produk kerajinan khas daerah sehingga lebih dikenal masyarakat luas dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya di Seirampah, Selasa, mengatakan, salah satu promosi yang dilakukan adalah dengan mengikuti pameran Inacraft 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) yang mengusung tema From Smart Village to Global Market dan tetap memperhatikan standar Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE).

Dengan menampilkan beragam produk kerajinan unggulan diharapkan mampu mempromosikan dan mendongkrak ragam kerajinan khas Tanah Bertuah Negeri Beradat sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Melalui pameran tersebut diharapkan mampu membangkitkan kembali gairah perekonomian di bidang kerajinan tangan yang ditekuni oleh masyarakat.

"Beberapa kerajinan tangan berupa anyaman pandan, anyaman terawang, kerajinan anyaman purun, tenunan Sergai dan kerajinan bordir dapat lebih dikenal oleh luas baik secara nasional maupun internasional lewat pameran Inacraft 2023 itu," katanya.

Ia mengatakan, jika dilihat dari potensinya, Kabupaten Serdang Bedagai memiliki sumber daya yang dapat dimaksimalkan untuk mendukung sektor kerajinan tangan. Oleh karenanya, melalui pelaku usaha, potensi itu dapat disulap menjadi inovasi yang menarik dan memiliki nilai ekonomi.

"Mari kita promosikan ragam kerajinan yang dikelola oleh UMKM Sergai. Semoga kerajinan tangan itu dapat dikenal lebih luas dan mampu bersaing dengan daerah lain yang pada akhirnya mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat dari sektor kerajinan," katanya.

Sementara itu Ketua Dekranasda Serdang Bedagai Rosmaida Darma Wijaya mengatakan, pihaknya terus mendorong pelaku UMKM untuk berinovasi dengan menciptakan berbagai produk menarik dan berkualitas.

"Mari kita cintai produk dalam negeri. Semoga usaha yang telah kita lakukan bersama dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tentunya mewujudkan Kabupaten Serdang Bedagai yang maju terus," katanya.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023