Plt.Sekda Kota Tebing Tinggi Drs. Bambang Sudaryono mengikuti jalan santai pada acara Deklarasi Kolaborasi Gerakan Dukung UMKM yang diselenggarakan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Tebing Tinggi, Jumat (3/3) di Lapangan Merdeka, Jalan Sutomo.

Deklarasi yang diselenggarakan KPPN bekerjasama dengan Pemkot Tebing Tinggi tersebut, bersinergi dengan Bank Indonesia, OJK, Perbankan, juga turut dihadiri Kepala KPPN Tebing Tinggi Mercy Monika R Sitompul, Wakapolres Tebing Tinggi Kompol Asrul Robet Sembiring, Kepala BPKPD Sri Imbang Jaya Putra, perwakilan perbankan, dan para undangan, serta ribuan masyarakat yang akan ikut gerak jalan sehat.

Plt.Sekda mengatakan bahwa Bank Indonesia telah memberikan fasilitas transaksi dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Pelaku UMKM maupun masyarakat harus beradaptasi dengan bergesernya pembayaran tunai menjadi online.

“Kita bangga adanya deklarasi ini, Pemko berterima kasih dan berharap momentum ini menjadi perangsang berkembang UMKM di Tebingtinggi dalam menghadapi era digital,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala KPPN Tebing Tinggi Mercy Monika R Sitompul mengatakan acara Deklarasi Kolaborasi Gerakan Dukung UMKM mensosialisasikan kepada pelaku UMKM maupun masyarakat bertransaksi menggunakan QRIS.

“QRIS sebagai standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya,” katanya.

“Kita saat bertransaksi tidak perlu lagi membawa uang tunai, dengan kecanggihan digital melalui android dengan aplikasi QRIS sudah bisa melakukan pembayaran,” katanya.

Mercy Monika R Sitompul juga mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pembinaan bagi pelaku UMKM baik dalam hal pemanfaatan QRIS maupun pemodalan dalam usaha.

“Pelaku UMKM akan dibina dan dipermudahkan dalam permodalan. Hal ini wujud kepedulian pemerintah terhadap para pelaku UMKM yang menjadi tonggak perekonomian,” tutupnya.

Kegiatan ini diawali jalan santai dan setiap peserta dapat membeli makanan Rp 1 dengan mempergunakan QRIS di Stand UMKM yang ada. Selanjutnya panitia melaksanakan Lucky Draw dengan berbagai hadiah bagi para peserta gerak jalan.
 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023