USAID IUWASH Tangguh Sumatera Utara mengadakan kegiatan "Pengenalan dan Pelatihan Sistem Informasi Sumber Daya Air dengan mWater" yang bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pelatihan kepada PDAM dan OPD dampingan USAID IUWASH Tangguh di Sumatera Utara, termasuk Dinas Kominfo Kota Binjai tentang rencana sistem informasi sumber daya air dengan mWater. 

Hal itu disampaikan Kadis Kominfo Binjai Sofyan Siregar, di Binjai, Jumat (24/2).

Pihaknya sangat menyambut baik kegiatan ini sebagai salah satu upaya pemberdayaan air di Kota Binjai. Ia mengungkapkan, sistem informasi yang mumpuni terkait sumber daya air akan mendukung keberlangsungan dan manfaat air pada masyarakat. 

Dalam kegiatan tersebut, PDAM dan OPD dampingan USAID IUWASH Tangguh di Sumatera Utara diberikan pelatihan oleh operator IT tentang sistem informasi sumber daya air dengan mWater. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat pengelolaan sumber daya air di wilayah tersebut dan memastikan ketersediaan akses air minum yang aman bagi masyarakat.

Sementara Regional Manager USAID IUWASH Tangguh Sumatera Utara Zulfa Ermiza menyampaikan kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mengelola sumber daya air secara terintegrasi dengan mengacu pada lima pilar pengelolaan sumber daya air yaitu konservasi, pendayagunaan, pengendalian daya rusak air, sistem informasi, dan peran serta masyarakat dan swasta. 

Zulfa juga menegaskan bahwa pengelolaan sumber daya air tidak hanya berfokus pada pengelolaan air minum dan sanitasi, tetapi juga di hulu dengan mempertimbangkan sumber air baku. 

Oleh karena itu, informasi dan data sumber daya air yang relevan harus tersedia untuk umum, termasuk produksi dari mata air dan statistik penggunaan air yang pada akhirnya dapat menjamin ketersediaan akses air minum yang aman bagi masyarakat. 

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023