Wakil Bupati Labuhanbatu Utara H Samsul Tanjung ST MH menghadiri launching Sub Pekan Imunisasi Nasional (SUB PIN) Dalam Rangka Penanggulangan KLB Polio cVDPV2 Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2023 di di Posyandu Melati Karang Sari Desa Damulipekan, Senin. 

Dalam sambutannya Samsul Tanjung antara lain menyampaikan, SUB PIN tersebut dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Gubernur Sumatera Utara tentang pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio Provinsi Sumatera Utara tahun 2023 guna penanggulangan kejadian luar biasa polio di Sumatera Utara.

Disebutkan, dengan telah ditemukan satu kasus terkonfirmasi virus Polio Vaccine Derived Poliovirus tipe 2 di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh pada 12 November 2022, maka Pemprov Sumut mengambil langkah cepat mengantisipasi.

"Dengan adanya kasus polio terkonfirmasi  maka tanggal 25 November 2022 dinyatakan kejadian luar biasa polio di Provinsi Aceh, respon kejadian luar biasa akan diperluas ke provinsi tetangga yaitu Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Barat," sebutnya.

Ditambahkan, pada 18 Januari 2023 Kemenkes RI mengadakan pertemuan dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Gubsu terkait perencanaan kampanye imunisasi polio. 

"Berkaitan hal itu gubernur menginstruksikan  kepada Wali Kota/ Bupati di Provinsi Sumatera Utara untuk menggerakkan perangkat daerah segera berkoordinasi dalam mendukung PIN Polio Sumut, dengan mendata anak balita 0 sampai 59 bulan," paparnya.

Dari hasil pendataan yang dilaksanakan oleh Dinkes, ada 36.421 jiwa anak usia 0  sampai dengan  59 bulan yang menjadi sasaran kegiatan Sub PIN di Labura yang tersebar di delapan kecamatan dengan 90 desa atau kelurahan.

Wabup berharap data tersebut data valid yang bisa dipertanggujawabkan. Pada pelaksanaannya, ia meminta agar tidak ada ada sasaran Sub PIN yang lolos atau tidak mendapatkan vaksin polio. Karenanya ia meminta Dinas Kesehatan dan segenap jajarannya untuk serius dan bersungguh-sungguh melaksanakan kegiatan ini.

Sebelumya Kepala Dinas Kesehatan Labura  Hj Jannah, SKM menyampaikan bahwa pelaksanaan Imunisasi Nasional ini hanya selama 5 hari. Ia juga menerangkan, Polio ini bisa menular dari air dan makanan.
 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023