Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, Sumatera Utara dan Aceh harus mengusung empat sukses sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

"Kami yakin empat sukses itu dapat diwujudkan. Tentunya untuk mencapai itu dibutuhkan kerja keras dari semua pihak dan tetap memaksimalkan koordinasi," katanya di Medan saat peluncuran maskot, logo dan tagline PON 2024 Aceh-Sumatera Utara di Lapangan Astaka, Medan, Minggu.

Sukses pertama, kata dia, Sumatera Utara dan Aceh sebagai tuan rumah PON harus sukses sebagai penyelenggara. Semua kontingen yang datang dari semua provinsi harus nyaman dan merasa terlayani dengan baik.

"Dengan demikian nantinya diharapkan ke depan mereka akan datang lagi dan datang lagi ke Sumatera Utara dan Aceh," katanya.

Sukses kedua adalah sukses prestasi. KONI Sumut dan Aceh harus mempersiapkan atletnya dengan semaksimal mungkin, sehingga dengan demikian prestasi akan diraih di PON.

"Misalnya Sumatera Utara. Mudah-mudahan Sumut bisa memperbaiki prestasi dan memperbaiki peringkat dibanding PON sebelum-sebelumnya, demikian juga dengan Aceh. Dengan demikian dua sukses sudah diraih," katanya.

Sukses ketiga yang juga sangat ia tekankan adalah sukses administrasi. 

"Sering kita lupa ketika kegiatan sudah selesai, pertandingan sudah selesai. masing masing kontingen sudah kembali ke daerah asal masing masing. Kalau administrasi tidak beres, maka masalah itu bisa muncul. Sekali saya tekankan sukses administrasi harus juga menjadi tekad penyelenggaraan," katanya.

Yang keempat adalah sukses perekonomian daerah. Dengan Sumut sebagai tuan rumah nanti diharapkan memiliki dampak ekonomi bagi daerah dimana PON digelar.

Karena ribuan orang nantinya akan datang ke Sumut dan begitu juga ke Aceh. Kedatangan mereka juga tentunya akan memiliki dampak pada perekonomian daerah.

"Jadi empat sukses ini saya yakini akan mampu diwujudkan oleh Sumatera Utara dan Aceh. Tentunya itu harus dicapai dengan kerja keras dan tetap memaksimalkan koordinasi," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023