Wali Kota Medan Bobby Nasution mendampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ketika mengunjungi Istana Maimun, Medan, Sabtu (28/1).

Kunjungan ini untuk melihat istana peninggalan Kesultanan Deli yang dibangun masa kepemimpinan Sultan Makmun Al Rasyid pada 26 Agustus 1888, dan kini menjadi ikon Kota Medan.

Selain Bobby, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, dan Sultan Deli ke-XIV Sri Paduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamanjiji Perkasa Alam Shah turut mendampingi mantan Danjen Kopassus itu. 

Begitu tiba di lokasi istana yang pembangunannya selesai pada 18 Mei 1891 dengan biaya satu juta gulden itu, Prabowo berkeliling istana yang memiliki luas sekitar 2.772 meter bujur sangkar dan 30 ruangan ini. 

Sultan Deli menceritakan secara singkat mengenai sejarah Istana Maimun yang mengundang decak kagum.

Usai peninjauan, Bobby mengapresiasi Menhan Prabowo karena telah mengunjungi salah satu bangunan bersejarah di ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini. 

Diketahui Menhan Prabowo melakukan kunjungan kerja selama beberapa hari di Kota Medan salah satunya bertemu dengan Danramil wilayah Kodam I/Bukit Barisan. 

"Memang kurang lengkap datang ke Kota Medan, kalau tidak berkunjung ke Istana Maimun peninggalan Kesultanan Deli ini,"  kata menantu Presiden Jokowi itu.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023