Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara melakukan tes urine pilot, kopilot, dan pramugari maskapai penerbangan di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, dalam rangka Operasi Lilin Toba 2022.

Kanit 2 Subdit I Ditresnarkoba Polda Sumut Kompol Deddi Z Harahap, di Medan, Kamis, melakukan koordinasi dengan Kepala Otoritas Bandara Udara Wilayah II Medan untuk melakukan pemeriksaan urine awak maskapai penerbangan.

Ia mengatakan tes urine dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya awak pesawat udara yang melakukan penyalahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang lain.

"Tes urine untuk memberikan kenyamanan penerbangan bagi masyarakat yang mudik merayakan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023," ucapnya.

Baca juga: Polda Sumut vaksinasi puluhan mahasiswa asal Papua

Deddi menyebutkan dalam kegiatan tersebut dilakukan tes kepada tujuh awak pesawat udara yang terdiri atas pilot, kopilot, "purser" pesawat, dan 4 orang pramugari yang akan melakukan penerbangan dengan hasil pemeriksaan negatif.

Personel Polda Sumut yang dilibatkan dalam pengecekan tes urine di Bandara Kualanamu adalah AKP Ahmad Hosen, Aiptu Hamonangan Sirait, Aipda Beny Pasaribu,  Aipda Jerimatos Sihombing, Bripka Solihin, Bripka Sumarni, Bripka Joko Susilo, Bharaka Mirwan Siagian, Aiptu Hendra Gunawan, dan Aiptu M.Taufik personel Bidang Humas Polda Sumut.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022