Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan jalur Tol Sinaksak-Dolok Merawan akan dimanfaatkan sebagai jalur alternatif untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Gerbang Tol Sinaksak direncanakan akan menjadi jalur alternatif sebagai pengurai kepadatan lalu lintas yang berdekatan dengan perbatasan Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar," kata Panca, di Medan, Selasa.

Panca menyebutkan pemanfaatan jalur Tol Sinaksak-Dolok Merawan tetap dilakukan dengan pengawasan ketat oleh Kasatwil yang memiliki lintasan jalur dan berkoordinasi dengan pihak pengelola.

"Lakukan pengawasan dan sistem rekayasa arus lalu lintas dengan pengawalan kendaraan yang memasuki jalur Tol Sinaksak-Dolok Merawan," ucapnya.

Kapolda meminta agar tetap mempedomani kecepatan jarak aman mengingat jalur Tol Sinaksak-Dolok Merawan dalam kategori belum siap dan dikhawatirkan dapat berakibat rawan kecelakaan lalu lintas.

"Pengelola jalan tol agar menyiapkan tiang pembatas, imbauan, dan 'scotlight' guna menjadi pedoman masyarakat yang melintasi jalur Tol Sinaksak-Dolok Merawan sehingga tetap aman dan terhindar dari kecelakaan lalu lintas," katanya.

Ia menambahkan jalur alternatif akan digunakan melihat kondisi yang terjadi di lapangan menjelang libur Natal dan Tahun Baru yang puncaknya pada tanggal 23 Desember 2022 dan jalur ini hanya digunakan saat darurat.

"Kita melihat kesiapan di lapangan apa saja yang perlu diperhatikan demi keselamatan dan kenyamanan para pemudik yang akan melintasi jalur alternatif," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022