Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution resmi membuka kejuaraan pencak silat se Tabagsel (Kabupaten Madina, Palas, Paluta, Tapsel, Kota Padang Sidempuan) serta Kabupaten Tapteng dan Kota Sibolga.

Kejuaraan Pencak Silat  Wali Kota Cup 2022 diikuti sebanyak 467 jawara pencak silat yang akan perubutkan total hadiah puluhan juta rupiah, ungkap Kabid Olahraga Padang Sidempuan Ardiansyah S.Pd, Senin (19/12) dalam laporannya saat menyampaikan bahwa tujuan digelarnya pencak silat ini sebagai ajang silaturrahmi dan meningkatkan prestasi olahraga, khususnya pencak silat di Kota Padang Sidempuan.

"Total  seluruh hadiah yang diperebutkan sebesar Rp39.600.000," katanya.

Terpantau ratusan peserta tampak memadati kejuaraan yang diadakan di Aula SMK Negeri 1 Padang Sidempuan tersebut. Kejuaraan ini dijadwalkan berlangsung sampai 4 hari ke depan.

Sebanyak 467 peserta tercatat mendaftar pertandingan silat dari berbagai kriteria. Adapun daerah domisili peserta berasal dari Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga.

Sementara itu Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution SH, MM dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak panitia, dan peserta Kejuaraan Pencak Silat Padang Sidempuan Walikota Cup 2022.

Atas atensinya dan dukungan serta bisa memeriahkan kejuaraan ini. Di dalam kehidupan kita ambil yang pokok-pokoknya seperti syahadat, shalawat, ini upaya kita mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa, kata Irsan.

"Kejuaraan pencak silat ini merupakan budaya yang perlu dilestarikan. Melalui kejuaraan pencak silat Walikota Cup 2022 ini dapat menjaring bibit - bibit unggul khususnya dari Kota Padang Sidempuan," ajak Wali Kota Padang Sidempuan.

Jika kejuaraan ditahun ini sukses saya berjanji ditahun depan akan kita laksanakan kembali dan lebih meriah lagi kemudian untuk hadiahnya lebih besar lagi, tegas Irsan.

"Selamat datang di Padang Sidempuan dan selamat bertanding, junjung tinggi sportifitas," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua IPSI Padang Sidempuan Imran Syah Ritonga mengucapkan rasa syukur atas nikmat dan hidayah pada pelaksanaan pembukaan gelaran pencak silat.

"Semoga pertandingan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dan mendapatkan atlet berpretasi terbaik baik untuk pencak silatnya dan Kota Padang Sidempuannya," ucapnya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022