Kejuaraan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) antar pelajar se-Sumatera Utara, untuk tiga cabang olahraga yakni panahan, atletik dan renang dilaksanakan mulai 8-11 Desember 2022 sukses digelar.

Kejuaraan yang merupakan program Kemenpora dengan pelaksana Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) Sumatera Utara itu digelar di dua lokasi yakni di PPLP untuk panahan dan atletik, sementara renang digelar di Kolam Renang Selayang.

Kejuaraan tiga cabang olahraga yang digelar salah satu tujuannya untuk memantau dan mencari bibit atlet muda  berbakat dan sebagai wadah peserta didik untuk meningkatkan kemampuan masing-masing cabor olahraga yang digelutinya serta juga  untuk menumbuhkan  iklim sehat bagi peserta didik dalam bidang olahraga itu telah memunculkan juara di masing-masing cabang olahraga.

Kota Medan tampil sebagai juara cabor renang. Medan berhasil meraih 6 emas, 6 perak dan 7 perunggu. Hasil ini diraih Jeremy  Emeraldi C Sitinjak dengan torehan 4 emas kategori SMA (50 m dan 100 m gaya bebas putra, 50 m dan 100 m gaya  dada putra, Amanda Gracia Situmorang mendulang 2 emas kategori SMP pada nomor 50 m dan 100 m gaya dada putri

Peringkat kedua diraih Asahan dengan torehan 5 emas dan 1 perak. Peringkat ketiga menjadi milik Binjai dengan mendulang 3 emas, 5 perak dan 8 perunggu. Posisi keempat Tapsel dengan raihan 2 emas, posisi kelima Sergai dan Deliserdang sama-sama meraih 2 perak dan peringkat 6 diraih Sibolga dengan mendulang 1 perunggu.

Sementara untuk cabang olahraga panahan yang digelar di PPLP Sumut, perolehan medali juga didominasi atlet pe lajar asal Kita Medan dengan torehan 3 emas, 1 perak dan 3 perunggu .Peringkat kedua Tebing Tinggi dengan 1 emas dan peringkat 3 Kisaran dengan 3 perak.

Raihan emas Medan disumbangkan Ridhandi Althaf, Anindya Sakhi Naya Putri Yudhistira dan Nadiva Pazia, perak oleh M.Rizki Pratama Rangkuti.

Pada cabang olahraga atletik yang digelar di lintasan atletik PPLP Sumut,  Kota Medan juga tampil sebagai peraih medali terbanyak dengan 3 emas, 5 perak dan 2 perunggu.

Ketua panitia Drs Perwira Ginting mengatakan kejuaraan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Tahun 2022 bertajuk 'Kemenpora Cup" tingkat Provinsi Sumatera Utara telah berjalan dengan lancar dan sukses.

"Para atlet yang telah meraih prestasi jangan cepat berbangga hati terus melakukan latihan untuk mempersiapkan diri pada even tingkat nasional di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional maupun pada kejuaraan  lain. Bagi atlet yang belum berhasil meraih prestasi untuk melakukan evaluasi diri agar pada kejuaraan renang lain berhasil menorehkan prestasi.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022