Anggota Ombudsman RI Jemsly Hutabarat mengatakan bahwa kondisi pelayanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Medan, Sumatera Utara, sudah cukup baik.

"Saya sudah mengunjungi Lapas Klas I Medan yang berada di daerah Tanjung Gusta. Selama saya berkeliling, saya menemukan pelayanannya sudah sangat bagus," ucap Jemsly, dalam keterangan tertulis diterima di Medan, Selasa.

Jemsly menyebutkan, sudah melihat dapur Lapas Klas I Medan cukup bersih, berasnya bagus, ikan dan sayurnya layak untuk dimakan.

"Benar-benar jauh perbedaannya dengan masa lalu," jelasnya.

Ia menjelaskan, ketika berkeliling Lapas Klas I Medan, terkesan melihat adanya kegiatan kepramukaan untuk warga binaan. Kegiatan ini penting bagi warga binaan.

Selain bisa memahami nilai-nilai luhur, kegiatan kepramukaan juga mengasah keterampilan.

"Keterampilan yang secara tidak langsung menjadi terasah dari kegiatan kepramukaan antara lain keterampilan fisik, keterampilan intelektual, keterampilan emosional, dan ketrampilan sosial," kata Jimsly.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara Imam Suyudi menanggapi mengenai pelayanan yang sudah sangat baik di Lapas Klas I Medan.

Imam menyebutkan, bukan hanya di Lapas Klas I Medan, tetapi juga berupaya di seluruh satuan kerja baik Pemasyarakatan maupun Imigrasi serta pelayanan hukum melakukan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat sesuai bidangnya.

Imam juga berterima kasih telah didatangi oleh Ombudsman RI yang merupakan kawan diskusi dalam berbagai hal.

"Kanwil Kemenkumham Sumut juga berkomitmen untuk selalu menjaga keamanan serta ketertiban pada seluruh satuan kerja di Sumatera Utara," kata Imam.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022