Penyandang disabilitas Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara mendapat kesempatan mengenal teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan. 

Kegiatan bertema Digital Marketing yang diikuti 40 peserta itu berlangsung selama dua hari, 16-17 November 2022 di Yayasan Rumah Ramah Anak Berkebutuhan Khusus (RRABK), Jalan Asahan Kabupaten Simalungun. 

Sub Koordinator Perencanaan dan Keuangan BBPSDMP Kominfo Medan, Jarudo Damanik menyampaikan, pihaknya mengemban tugas mengembangkan talenta digital nasional, termasuk bagi golongan difabel. 

Disebutkan, kegiatan pengenalan TIK bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Simalungun, yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2022. 

Diharapkan, melalui pemanfaatan TIK yang optimal, ruang gerak kaum disabilitas yang selama ini terbatas dapat menjadi lebih luas, terutama dalam hal pemasaran produk dan jasa.

Demikian pula, pelatihan ini akan mendorong semangat para penyandang disabilitas untuk berkontribusi dalam transformasi digital. 

Aisyah mewakili penyandang disabilitas menyampaikan terima kasih dan berharap pelatihan ini dapat diselenggarakan secara berkelanjutan. 

Sementara, Johan Pandapotan Lubis menyampaikan manfaat yang didapat dari penyelenggaraan pelatihan, seperti tentang market place dan search engine Google, sehingga membuka kesempatan memajukan bidang usaha.

Turut hadir pada kegiatan pembukaan, Kabid Postel, Datin & Bina Media Massa Dinas Kominfo Simalungun Nurintan Rayani Saragih, Ketua PPDI Pematang Siantar Sahrul Dalimunte, dan Ketua Yayasan RRABK Erlina Sinaga. 

Untuk diketahui, BBPSDMP Kominfo Medan merupakan unit pelaksana teknis dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang memiliki tujuh wilayah kerja meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Kalimatan Barat, dan Kalimantan Utara.

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022