Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak menekankan agar penanganan dampak bencana alam gempa bumi yang melanda Tapanuli Utara dapat berlangsung dengan baik dan lancar di masa perbaikan dan rehabilitasi, saat ini.

"Bila kemarin tanggap darurat, mulai hari ini bagaimana mengatasi dampak gempa bumi, perbaiki dan rehabilitasi dampak," terang Irjen Panca, dalam rapat posko penanganan bencana di halaman Kantor Bupati Taput, Minggu (2/10).

Menurutnya, situasi makin lama sudah semakin baik hingga diharapkan seluruh upaya penanganan dapat diselesaikan dengan secepatnya.

"Ini tugas bersama, jangan dibebankan kepada bupati semata. Pemerintah provinsi suport penuh pemda dalam penanganan bencana ini," sebutnya.

Harapnya, upaya penanggulangan bencana diterapkan secara terpadu dan jangan parsial.

"Kita harus buktikan bahwa pemerintah hadir di tengah masyarakat. Trauma yang dialami masyarakat, kerusakan dan lainnya harus segera ditanggulangi," ujarnya.

Pintanya, seluruh pihak harus bersatu padu dalam penanganan, serta kegiatan penyaluran bantuan dapat diberikan dengan tepat sasaran.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022