Tidak heran, produk unggulan terbaru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), All New Ertiga Hybrid, laris manis sejak diluncurkan Juni 2022.

Kenapa? Karena ternyata, bukan saja nyaman dan aman dinaiki, tetapi, pengendara mobil itu bisa ngirit pengeluaran sepanjang tahun. 

Mulai ngirit dari pembelian bahan bakar minyak (BBM) hingga pembayaran pajak kendaraan. 

Fakta itu terekam dari perjalanan penulis yang bersama lima wartawan lainnya di Medan, Sabtu (24/9), diberi kesempatan untuk mengikuti "test drive" All New Ertiga Hybrid itu. 

Kali ini, kami sepakat menggunakan All New Ertiga Hybrid, berwarna Pearl Snow White. 

Suzuki Ertiga Hybrid sendiri ditawarkan dalam tujuh pilihan warna, mulai dari Pearl Snow White, Prime Cool Black, Metallic Magma Gray, Metallic Silky Silver, Pearl Brave Khaki, Pearl Burgundy Red, dan New Mellow Deep Red.

Disetir langsung salah satu wartawan peserta menggunakan All New Ertiga Hybrid, komentar pertama kami sesaat memasuki mobil itu adalah kenyamanan tempat duduk. 

"Lapang ya, padahal udah duduk di belakang," ujar salah satu wartawan. 

Selain space yang luas, Suzuki All New Ertiga Hybrid memiliki jok tebal dan empuk sehingga terasa semakin nyaman di sepanjang perjalanan.

Pada interior, tipe SS dan GX memiliki beberapa perbedaan.

Untuk Ertiga Hybrid SS, Suzuki menggunakan ornamen Carbon Fiber dan jok bermotif jahitan merah. Sementara di tipe GX terdapat ornamen Charcoal dan motif kayu di setirnya.

Waktu menunjukkan pukul 10.45 WIB, saat kami mulai menjajal keunggulan All New Ertiga Hybrid, LMPV elektrifikasi pertama di Indonesia.

Jalan yang dipilih adalah jalur padat, mulai dari Kantor
Suzuki Arista di Jalan Sisingamangaraja, singgah ke Kantor PT Trans Sumatra Andalan di kawasan Amplas, masuk Tol Amplas, keluar Tol Tanjung Mulia dan masuk lagi ke Tol Tanjung Morawa lalu keluar menuju Kantor Suzuki Arista di Jalan Sisingamangaraja. 

Rute tersebut dipilih agar merasakan perjalanan dengan Ertiga All New Ertiga Hybrid di jalan dengan kondisi macet, padat, hingga jalan bebas hambatan (tol) dengan kontur tikungan dan tanjakan. 

Dipandu Sales Force Development PT Trans Sumatra Andalan (TSA) Freddy Sarhapmartua Simatupang dan Support Marketing PT Arista Sukses Abadi, Wanda,
kami pun sepakat mencoba untuk merasakan fitur-fitur unggulan Ertiga All New Ertiga Hybrid. 

Mulai engine auto start-stop, cruise control, electronic stability program (ESP) dengan mengemudikan kendaraan berbagai cara, mulai dengan membawa kendaraan secara lambat, kencang, mengerem dan lainnya. 
 
Beberapa wartawan jelang "test drive" All New Ertiga Hybrid di Kantor Suzuki Arista di Jalan Sisingamangaraja Medan. (ANTARA/HO)

Dan benar, apa yang dipromosikan Suzuki Indomobil Sales (SIS), berada di dalam mobil All New Ertiga Hybrid terasa nyaman sejak mobil distart, mobil melaju kencang hingga saat berhenti sementara karena lampu merah dan berhenti total saat finish.

Total perjalanan yang ditempuh sekitar 60 km dengan lama perjalanan 1 jam 50 menit atau finish pukul 12.30 WIB itu menghabiskan BBM 2 liter lebih. 

Hemat BBM
Mengapa bisa hemat BBM? Ternyata salah satunya, ujar Sales Force Development PT Trans Sumatra Andalan (TSA) Freddy Sarhapmartua Simatupang, karena ada fitur Engine Auto Start-Stop yang ketika berhenti sejenak seperti saat lampu merah menyala, mesin akan mati dan digantikan dengan kerja ISG serta baterai lithium-ion.

Inovasi Suzuki lewat teknologi pintar ISG dengan baterai lithium-ion yang menyimpan energi ke baterai Lithium-ION saat kendaraan melambat dan memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi juga memberikan efisiensi terbaik dengan fitur Engine Auto Stop pada saat kendaraan berhenti.

Getaran mesin yang lebih halus dan konsumsi BBM yang semakin irit dan ramah lingkungan.

Bayangkan berapa kali berhenti karena lampu merah menyala atau karena antrran panjang akibat macet.

Penghematan yang paling dirasakan juga adalah saat membayar pajak kendaraan di setiap tahun karena pajak kendaraan hybrid dipastikan lebih murah sesuai janji pemerintah mengurangi pemakaian BBM. 

Nyaman dan aman
Menyangkut kenyamanan antara lain karena ada fitur cruise control (CC) yang dulunya hanya tersedia pada mobil-mobil premium, dan umumnya yang menggunakan transmisi otomatis.

Fitur itu sangat berguna ketika lagi cruising di jalan bebas hambatan seperti tol. 

Pengemudi bisa mengistirahatkan kaki sehingga tidak lelah meski jalan jauh karena pemindahan gigi kendaraan tidak harus menginjak kopling dulu.

Kenyamanan semakin dirasakan karena teknologi keamanan yang semakin lengkap di All New Ertiga Hybrid. 

Selain Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), All-New Ertiga punya teknologi Electronic Stability Program (ESP). Ditambah ada Hill Hold Control (HHC) di mobil GX matix.

ESP sendiri adalah teknologi komputerisasi yang mengoptimalkan pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalkan slip. 

"Tentunya itu sekaligus meminimalkan gejala understeer dan oversteer saat berkendara," ujar Freddy. 

Adanya Hill Hold Control (HHC) di mobil matix yang berfungsi menahan kendaraan tidak meluncur di tanjakan atau turunan tentu saja membuat berkendaraan semakin aman. 

Ketika hendak menanjak dari posisi diam, misalnya, fitur itu memberikan jeda sekitar dua detik agar kaki dapat melepaskan rem dan berpindah ke tuas gas sehingga mobil tidak meluncur turun. 

Support Marketing PT Arista Sukses Abadi, Wanda, menjelaskan, test drive yang dilakukan wartawan dimaksudkan manajemen agar wartawan juga langsung  merasakan keunggulan All New Ertiga Hybrid. 

Harga (OTR) All New Ertiga Hybrid dibandrol mulai dari Rp280 jutaan untuk type GX MT hingga type SS AT Rp300 jutaan per unit.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022