Pemkab Padang Lawas ( Palas) berkerjasama dengan Bank Mandiri Cabang Sibuhuan, menggelar kegiatan penyaluran atau pendistribusian uang tunai bantuan biaya pembelian bahan bangunan rumah ( BBR) dari Kementerian Sosial RI, kepada masyarakat terdampak korban banjir bandang mengalami kerugian kerusakan rumah berat yang terjadi di Kecamatan Batang Lubu Sutam, pada hari Jumat, tanggal 31 Desember 2021 malam lalu.

Prosesi penyaluran bantuan ini berlangsung khidmat di Desa Tamiang, Selasa (27/9) siang semalam.

Terkait batuan untuk korban banjir bandang tersebut, tokoh masyarakat Murad Lubis dan Kepala Desa Tamiang Muharrom Lubis mengucapkan terimakasih kepada Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu ( AZP) atas upaya kerja keras dan keuletannya, berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, juga pihak Komisi VIII DPR RI untuk mencetuskan usulan program bantuan perbaikan rumah berat bagi para korban terdampak banjir bandang itu, ke Kementerian Sosial RI beberapa waktu lalu.

"Terimakasih juga kepada Bapak Kadis Sosial Palas dan seluruh jajaran Pemkab Palas lainnya, semoga kebaikan bapak ibu semua mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT. Dan kiranya juga kedepan bapak Plt Bupati Palas, semakin sukses dan tetap dalam lindungan Allah SWT, amin,"sambung Kades Tamiang dalam sambutannya diacara ini.

Kadis Sosial Palas H. Achmad Fauzan Nasution mengatakan, korban terdampak banjir bandang penerima bantuan dari Kementerian Sosial sebesar 70 persen dari jumlah total anggaran 100 persen bagi masing - masing penerima diacara ini, sebanyak 122 orang kepala keluarga. 

Masyarakat korban terdampak banjir bandang penerima bantuan tersebut, berasal dari enam desa di kecamatan setempat. Antara lain, Desa Tamiang, Desa Tanjung Baru, Desa Tanjung Barani, Desa Manggis, Desa Siadam dan Desa Tanjung Baru.
Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu meyerahkan bantuan secara simbolis kepada penerima bantuan perbaikan rumah rusak berat korban terdampak banjir bandang. (ANTARA/Ashari)


Jumlah nominal uang yang diterima masing - masing korban terdampak banjir bandang yang mengalami kerusakan rumah berat dikegiatan ini, berpariasi atau berbeda - beda. 

Mulai dari sebesar Rp 17 juta, hingga Rp 25 juta. Sesuai dengan spesifikasi atau bantuan yang bisa diakomodir untuk perbaikan rumah masing - masing korban banjir bandang itu, oleh Kemensos RI saat kegiatan verifikasi dan validasi data usulan Pemkab Palas beberapa waktu lalu, ke enam desa setempat.

"Sebelumnya kita usulkan sebanyak 132 bantuan untuk rumah rusak berat. Namun setelah verifikasi dan validasi, yang diindahkan Kemensos hanya 122 rumah. Untuk itu, kepada saudara - saudari kami korban terdampak banjir bandang lainnya mohon bersabar, kami akan tetap berupaya semaksimal mungkin untuk membantu saudara saudari semua. Termasuk bantuan untuk para korban banjir bandang yang mengalami kerusakan ringan dan sedang,"terang H Acham Fauzan dalam kutipan laporannya dikegiatan penyerahan bantuan BBR untuk para korban terdampak banjir bandang mengalami kerugian kerusakan rumah kategori berat diacara tersebut.

Di kesempatan ini, Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu ( AZP) mengajak seluruh penerima bantuan itu, supaya bersama - sama mensyukuri progam saluran bantuan dari Kemensos RI itu. Karena menurutnya bantuan itu, merupakan rezeki yang patut disyukuri bersama. Yang diharapkannya,  dimanfaatkan sebaik - baiknya oleh masing - masing penerima kedepan.

"Bantuan ini uang negara. Untuk itu, kepada saudara sadariku semua  penerima bantuan, pertanggungjawaban bantuan tahap I (70 persen) ini kita akan ditagih, dan akan menjadi acuan untuk pengucuran dana bantuan tahap II (30 persen lagi dari 100 persen). Maka dari itu, setiap pembelian bahan material bangunan jangan lupa kwitansi pembayaran untuk laporan pertanggungjawaban masing - masing kedepan,"sambung AZP, berpesan kepada para penerima bantuan perbaikan rumah dari Kemensos RI, di acara ini.
 
Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu meyerahkan bantuan secara simbolis kepada penerima bantuan perbaikan rumah rusak berat korban terdampak banjir bandang. (ANTARA/Ashari)

Lebih lanjut, AZP menyampaikan, ia sepenuh hati dan ikhlas, berjuang melakukan berbagai upaya, juga strategi untuk mencetuskan anggaran bantuan dari Kemensos yang bertujuan meringankan biaya beban perbaikan rumah rusak berat bagi masing - masing penerima bantuan terdampak korban banjir bandang yang disalurkan pada kegiatan tersebut.

Untuk jenis bantuan pembangunan yang lain, seperti bangunan beton disisi sungai pengendali banjir untuk kenyamanan masyarakat kedepannya, AZP menambahkan hingga saat ini pihaknya ( Pemkab Palas) masih tetap terus berupaya terkait anggaran pembangunan tersebut, ke Kementerian PUPR. 

"Yakinlah kami tidak akan tinggal diam. Walaupun tidak tahun ini, paling lambat tahun depan akan dibagun (bangunan beton pengendali banjir), supaya saudara saudari kami semua disini kedepannya terhindar, dan aman dari ancaman banjir,"ujarnya.

Sebelumnya, AZP mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat kecamatan setempat atas sambutan mereka terhadapnya beserta rombongan diacara tersebut. Melalui kagiatan penyaluran bantuan ini, Zarnawi berharap, dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi dan sinergitas, antara pihaknya ( Pemkab Palas) dengan seluruh warga masyarakat kecamatan setempat kedepan.

"Semoga kegiatan ini diridhoi Allah SWT dan bermanfaat serta membawa berkah bagi kita semua, bersama seluruh warga masyarakat Kecamatan Batang Lubu Sutam ini kedepannya. Termasuk bagi para saudara saudari kami penerima bantuan korban banjir bandang ini, amin,"tutup AZP.
Kepala Desa Tamiang Meyampaikan Moharrom Lubis meyampaikan ucapan terimakasih kepada Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu atas upaya kerja kerasnya dan penyaluran bantuan program perbaikan rumah korban terdampak bajir bandang. (ANTARA/Ashari)


Mewakili AZP, Kadis Sosial Palas H. Achmad Fauzan disela - sela acara ini kembali mengucapkan terimakasih kepada pihak Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara dan Ketua Komisi VIII DPR RI H. Iskan Qolba Lubis yang telah bersinergi dengan Pemkab Palas bersama - sama mengusulkan anggaran perbaikan rumah rusak berat yang diterima masing - masing korban banjir bandang diacara ini ke Kementerian Sosial RI beberapa waktu lalu. 

Melalui sinergitas tersebut, Achmad Fauzan menambahkan berharap, hubungan silaturrahmi antara Pemkab Palas dengan pihak Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara dan Ketua Ketua Komisi VII DPR RI H. Iskan Qolba kedepan semakin baik.

"Terimakasih juga yang kepada Ibu Mensos Tri Rismaharini atas perhatiannya kepada saudari saudari kami semua korban terdampak banjir bandang yang terjadi di kecamatan ini beberapa waktu lalu,"ucap Kadinsos.

Kegiatan penyerahan secara simbolis bantuan perbaikan rumah dari Kemensos RI melalui Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu ( AZP) kepada sejumlah penerima korban banjir bandang ini, turut dihadiri Asisten I Pemkab Palas H Panguhum Nasution, Inspektur Palas Harjusli Fahri Siregar, Kaban BPBD Palas Amit Hadi Nasution, Plt Camat Batang Lubu Sutam M Daniel Hasibuan dan sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat alim ulama, juga para kepala desa kecamatan setempat, beserta sejumlah tamu undangan lainnya.
Tokoh Masyarakat Kecamatan Batang Lubu Sutam Murad Lubis Ucapkan terimakasih kepada Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu. (ANTARA/Ashari)

 

Pewarta: Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022