Dinas Pendidikan Pemkab Pakpak Bharat, Sumatera Utara, menggelar pelatihan bagi kepala sekolah dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai upaya meningkatkan kompetensi tenaga pendidik sehingga diharapkan mampu membentuk karakter anak didiknya.

Wakil Bupati Pakpak Bharat Dr Mutsyuhito Solin di Salak, Kamis, mengatakan, pelatihan itu dinilai penting karena diharapkan memberikan dampak yang baik untuk mendidik anak PAUD, membentuk karakter anak, dan mengarahkan anak sesuai bakat dan kemampuan maupun potensi anak.

"Tentunya juga yang tidak kalah penting dapat memberikan wawasan baru bagi tenaga pendidik demi tujuan mencerdaskan anak didiknya," katanya.

Pelatihan tersebut, kata dia, bertujuan memberikan perubahan dan yang baru. Bukan lagi sekedar mengajar sebagai rutinitas, namun harus memahami tentang tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam mengawal PAUD agar lebih baik lagi.

"Guru PAUD harus mampu memaksimalkan anak didik semangat belajar seperti sistem komunikasi terarah, paham dengan tantangan anak, perencanaan yang matang. Harus dapat mengatasi resensi tensi, Mampu menangani situasi, kinerja kita harus tinggi, dan mampu berfikir kreatif," katanya.

Sementara Ketua PKK Pakpak Bharat, Juniatry Franc Tumanggor dalam kesempatan yang sama mengatakan, PAUD memiliki peran strategis dalam upaya membangun sumber daya manusia khususnya di Kabupaten Pakpak Bharat.

Untuk itu dalam upaya mendorong peningkatan mutu layanan PAUD yang berkualitas sudah tentu membutuhkan adanya guru PAUD yang berkualitas, sehingga perlu adanya sarana bagi mereka untuk meningkatkan kompetensinya antara lain melalui pelatihan dan bimbingan teknis bercerita dan mendongeng," katanya.

Ia juga menyampaikan agar anak-anak Pakpak Bharat yang dipersiapkan sebagai generasi emas pada masa yang akan datang hendaknya dididik dengan karakter dan akhlak yang baik, berbudi pekerti serta berjiwa luhur.

"Saya ingin menyampaikan, penting untuk membentuk akhlak, daya pikir kritis dan kreatifitas anak di usia dini yang merupakan masa golden age. untuk itu momentum pelatihan ini diharapkan mampu menghasilkan kualitas guru PAUD yang mampu mencetak generasi muda berkualitas dan memiliki karakter yang berakhlak mulia," katanya.

 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022