Wakil Menteri (Wamen) Pertanian Republik Indonesia (RI) Harvick Hasnul Qolbi didampingi Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kabupaten Asahan.

Wamen dan Wagubsu mengunjungi lokasi pembibitan pisang barangan merah miliki PT Hijau Surya Biotechindo di kelurahan Sei Renggas, Kabupaten Asahan, Sumut dan memberikan bantuan kepada sejumlah petani di pendopo rumah dinas Bupati Asahan, Jumat (16/09).

Wamen mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Asahan kepada pihaknya. Wamen menilai Kabupaten Asahan cukup baik dalam meningkatkan pertanian. Maka itu pihaknya mengajak bersama-sama meningkatkan pertanian dan kepada masyarakat diharapkan dapat membantu program tersebut dengan mempertahankan sektor pertanian yang ada.

Wamen berharap ke depan kepala daerah bisa terus mendorong petani dalam memproduksi hasil taninya. Begitu juga kepala daerah diminta memperdayakan pihak BUMD dalam peningkatan sektor pertanian, sehingga investor bisa masuk.

 " Jangan berharap APBD saja, karena APBD banyak yang harus diikuti. Artinya kita semua bekerja keras untuk pertanian," ungkap Wamen.

Kemudian Wagubsu mengatakan, kehadiran Wamentan di Sumut, Kabupaten Asahan menjadi suatu penyemangat bagi masyarakat pihaknya untuk meningkatkan hasil pertanian di Sumut.

Wagubsu juga meminta kepada Bupati Asahan dapat memberikan informasi kepada Kepala Daerah lain, tentang bagaimana meningkatkan hasil pertanian, sehingga Kabupaten/Kota yang ada di Sumut dapat meningkatkan hasil pertaniannya.

"Dan kami Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan mendukung, karena dengan meningkatnya pertanian di Sumatera Utara maka ekonomi masyarakat Sumatera Utara akan meningkat,"ucap Wagubsu

Sementara itu, Bupati Asahan, H Surya mengucapkan terimakasih atas kunjungan Wamen dan dukungannya kepada Asahan. Diharapkan Wamen bisa terus memberikan perhatian lebih kepada Asahan, karena Asahan masih membutuhkan dukungan dalam upaya peningkatan sektor pertanian.

Seperti jalan usaha tani, pupuk, bibit, alat pertanian, paket penyuluhan peningkatan SDM pertanian dan lainnya. " Semoga dukungan yang diberikan bisa mendorong daya peningkatan dunia pertanian di Asahan," ujar Bupati Asahan.

Dalam kunjungan Wamen, Bupati Asahan juga memaparkan kondisi kabupaten Asahan, mulai dari luas wilayah hingga produksi dan potensi pertanian dan peternakan serta perikanan.

Kegiatan dirangkai dengan pemberian bantuan benih padi untuk 20 ribu Ha sawah kepada Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, bantuan pisang barangan merah kepada kelompok Tani sebanyak 4.000 batang, bantuan padi sebanyak 6.145 Kg, bantuan pupuk sebanyak 20.000 Kg, bantuan bibit ikan gurami dan bantuan pakan ikan.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022