307 calon kepala Desa dari 89 Desa di kabupaten Asahan yang akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak bergelombang mendeklarasikan diri bersama-sama untuk pilkades Damai Tahun 2022 di Gedung Olah Raga (GOR), Senin (05/09).

Bupati Asahan H. Surya mengatakan  seluruh calon sengaja dikumpulkan,  guna melaksanakan deklarasi damai, kegiatan ini dalam rangka  menyamakan persepsi dan komitmen para cakades guna mewujudkan pilkades yang demokratis dan bermartabat. 

Kemudian deklarasi juga bermaksud untuk mewujudkan pilkades yang berintegritas, bebas kampanye hitam, hoax, isu SARA, ujaran kebencian, money politik dan sebagainya.

“Saya titip kepada seluruh cakades agar bisa membangun situasi yang kondusif di wilayahnya masing-masing. Saya titip juga agar bisa saling bersaing dengan sehat. Saling tonjolkan visi misi tunjukkan bahwa wilayah para calon mampu melaksanakan ajang demokrasi ini dengan baik,” ungkap Bupati.

Bupati  menyebutkan kepada calon bahwa beda pilihan adalah hal biasa, namun yang terpenting adalah tidak membuat saling bermusuhan terpecah belah, konflik, tentunya kalah menang  hal yang biasa. Dan terimalah dengan legowo lapang dada apapun hasil Pilkades, sebab keputusan sudah diatur oleh yang di atas.

“Jangan sampai ada gesekan konflik oleh karenanya kami ingin ajak seluruh komponen masyarakat  untuk bisa bergandeng tangan dalam  mensukseskan pilkades serentak yang akan di gelar tanggal 07 September 2022," ucap Surya sembari mengucapkan selamat berjuang.

Sementara itu Kapolres Asahan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj menjelaskan beberapa langkah dalam menciptakan pilkades yang aman, tertib dan damai, salah satu langkah yang diambil adalah satu Desa Satu TPS, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan pelaksanaan pilkades agar pelaksanaan pilkades dapat berjalan Kondusif,Aman dan bermartabat." Marilah kita sama-sama menjaga kekondusifan pilkades. Semua kegiatan ini sesuai dengan peraturan," ucapnya.

Deklarasi Pilkades Damai ini juga dihadiri  Forkopimda, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, jajaran Kepala OPD, Camat, Panitia Pengawas, Kades, Pj Kades, Plh Kades, ketua BPD, Ketua Pemilihan Kades, serta calon kades. Selain mengikrarkan komitmen Pilkades Damai, mereka juga mendatangani bersama komitmen tersebut di kain putih yang disediakan.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022