Pemkab Pakpak Bharat, Sumatera Utara, mendorong pelaku UMKM di daerah itu agar memanfaatkan toko daring dan katalog lokal agar produk yang dihasilkan lebih dikenal dan pemasarannya dapat lebih maksimal.

Pj Sekda Pakpak Bharat, Jalan Berutu, di Salak, Kamis, mengatakan, berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah setempat untuk mendorong pertumbuhan usaha-usaha mikro, kecil dan menengah di daerah itu.

Di antaranya yang dilakukan adalah menyamakan langkah antara Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), pemerintah provinsi dan pemkab untuk membangun katalog lokal, yang nantinya bisa diisi dan dimanfaatkan oleh para penyedia lokal dan produk lokal di Kabupaten Pakpak Bharat.

Proses katalogisasi produk-produk lokal tersebut, menurut dia, sejalan dengan amanat dan arahan Presiden RI tentang pemanfaatan produk dalam negeri guna mendukung peningkatan perekonomian nasional di sektor UMKM.

"Pemkab terus mensosialisasikan penggunaan katalog lokal serta pemanfaatan toko daring untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan produk-produk dalam negeri, peningkatan porsi UMKM dan koperasi," katanya.

Ia mengatakan, proses katalogisasi akan dikerjakan oleh pemerintah daerah, tapi proses penayangan dibuat secara nasional.

Produk lokal yang ditayangkan nantinya diharapkan bisa dibeli oleh konsumen dari daerah lain. Dengan kata lain katalog lokal ini bisa menjadi ajang promosi untuk di daerah lain.

"Bantulah para pelaku usaha lokal kita, dorong mereka untuk memanfaatkan sarana promosi melalui katalog lokal dan toko daring," katanya.


 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022