Rektor Universitas Negeri Medan Dr Syamsul Gultom, SKM, M. Kes mengatakan sebagai wujud menyukseskan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sebanyak 374 mahasiswa perguruan tinggi negeri itu berhasil mengikuti kuliah di kampus-kampus terbaik dalam maupun luar negeri.

"Setiap semester ratusan mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) kuliah satu semester di kampus terbaik di Indonesia dan beberapa kampus terbaik dunia," ucap Syamsul dalam sambutannya pada acara wisuda daring 1.041 mahasiswa Unimed di Medan, Rabu.

Syamsul menyebutkan, untuk semester ini ada 322 mahasiswa Unimed yang sedang mengikuti kuliah di berbagai kampus terbaik di Indonesia.

Ada sebanyak 3 orang mahasiswa yang sedang kuliah 1 semester di Eropa pada program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA). Begitu juga Program Kampus Mengajar dari pemerintah, mahasiswa Unimed terbanyak ke-4 nasional yang sedang mengikuti program ini.

Sebanyak 806 mahasiswa Unimed yang berperan aktif dalam Program Kampus Mengajar dari berbagai pelosok tanah air.

"Kami ingin menyampaikan bahwa prestasi dan peran aktif mahasiswa Unimed dalam menyukseskan program pemerintah, sebagai bukti bahwa selama pandemi COVID-19 ini, tidak menghalangi mahasiswa Unimed untuk terus berbuat dan mengejar prestasi, serta mengabdi untuk negeri tercinta Indonesia," ucapnya.

Rektor mengatakan mahasiswa Unimed juga berhasil meraih beberapa medali di SEA Games Hanoi-Vietnam Mei 2022, paduan suara Unimed meraih 4 medali emas di ajang Internasional Choir Festival di Bali 2022.

Selain itu, mahasiswa FBS meraih medali emas di ASIA's Art Festival 2022 dan ratusan prestasi mahasiswa lainnya di tingkat nasional dan internasional.

"Kami berharap lulusan Unimed terus bermutu, berdaya saing dan tetap dinanti dunia kerja," kata Rektor Unimed.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022