Aksi heroik salah seorang guru honorer di SMP Negeri 1 Beringin, Kabupaten Deliserdang, pada peringatan HUT RI ke-77, Rabu (17/8). 
 
Keberanian guru honorer yang diketahui bernama Holif Mardi Harahap membuat pengibaran bendera merah putih di sekolah tersebut yang suasana khidmat berubah menggegerkan siswa. 
 
Tanpa dilengkapi peralatan khusus, guru honorer yang diketahui bernama Holif Mardi Harahap tak merasa ketakutan memanjat tiang bendera dengan ukuran kecil. 
 
Tak mau ketinggalan peristiwa yang langka di hari kemerdekaan, guru lainnya mengabadikan aksi heroik guru honorer itu pakai ponsel. 
 
Kepada ANTARA, Holif Mardi Harahap mengaku, memanjat bukan tanpa alasan, karena saat pengibaran bendera merah putih yang sudah berada di atas tiang tiba-tiba terjatuh lantaran tali copot. 
 
"Saya melakukan hal itu tidak ada disuruh oleh siapapun, melainkan kesadaran secara spontanitas," akunya, Jum'at (19/8).
 
Ia mengungkapkan, aksi dilakukannya bukan semata-mata untuk dipuji oleh guru lainnya dan kepala sekolah. Namun, sebagai bentuk untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur di 'Medan Perang' berjuang melawan penjajahan Belanda hingga mencapai kemerdekaan. 
 
"Jiwa nasionalisme sangat kuat atas kecintaan terhadap Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, tidak memikirkan keselamatan saat memanjat tiang bendera," pungkasnya. 
 

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022