Lima armada pemadam kebakaran (damkar) di Kota Medan, Sumatera Utara, mengikuti lomba menghias mobil di HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Lomba ini diikuti lima UPT (unit pelayanan teknis) yang masing-masing dinding mobil damkar dihias," ujar Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Medan, Albon Sidauruk di Medan, Rabu.

Kemudian kelima armada damkar tersebut, lanjut dia, melakukan pawai keliling berjalan pelan tanpa sirine mulai dari Jalan Pengadilan hingga kantor Disdamkar Kota Medan di Jalan Candi Borobudur.

Sebelumnya para petugas armada damkar ini juga diwajibkan turun dari mobil di titik-titik tertentu untuk menghidupkan sirine detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun.

Di antaranya depan kantor Wali Kota Medan, kawasan Stadion Teladan, di bawah jembatan layang Jalan Jamin Ginting, Jalan Gatot Subroto, jembatan layang Pulo Brayan dan Jalan Pancing.

"Setiap damkar yang ditambah seluruh UPT secara serentak menghidupkan sirine detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tepat pukul 10.05 WIB," terang dia.

Adapun juara pertama lomba menghias armada damkar ini akan mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp1 juta, juara kedua Rp750 ribu, dan juara ketiga Rp500 ribu.

"Bukan hadiah paling utama dalam perlombaan ini, tapi kekompakan tim menjalankan tugas melayani masyarakat ketika kebakaran. Ini kita gelar untuk menyemarakkan hari kemerdekaan," tegas Albon.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022