Kepolisian Daerah Sumatera Utara menggelar rapat koordinasi Operasi Kontijensi Aman Nusa II Toba 2022 untuk mencegah agar karhutla tidak terulang lagi di Kabupaten Samosir.

"Kebakaran hutan dan lahan yang belakangan kerap terjadi harus dicegah dan ditanggulangi mengingat Samosir terkenal akan keindahan alamnya," kata Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak saat memimpin rakor di Samosir, Rabu.

Ia mengaku prihatin mendengar terjadinya  karhutla. Upaya pencegahan harus diutamakan dengan menyadarkan masyarakat. "Bangun komunikasi, kerja sama dan kemauan yang besar untuk mengatasi ini," ucapnya.

Panca meminta semua pihak bekerja sama dengan melakukan tindakan preventif dan preemtif berdasarkan wilayah kecamatan dan berdasarkan pemetaan yang ada dengan membangun kesadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla. 

"Bentuk satgas terpadu sampai tingkat kecamatan dan desa serta susun manajemen penanggulangan bencana dengan baik. Bila perlu buatkan spanduk sebagai bentuk show of force kepada masyarakat," katanya 

Kapolda Sumut menambahkan, dalam melakukan penanganan perkara semua pihak harus bekerja sama. Semua yang terjadi karena pembakaran, bukan karena alam. 9Artinya bangun kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan tindakan pembakaran.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022