Forum Komunikasi Diniyah Takhmiliyah (FKDT) Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan mendukung penuh KKN UIN Sumatera Utara 205 menggelar festival anak saleh Tahun 2022 di Desa Sialagundi di kecamatan itu.

"Kita sangat apresiasi dan bahkan mendukung penuh kegiatan anak saleh yang digelar Universitas Islam Negeri  Sumut KKN 205 ini," Zefri Husein Harahap, Ketua FKDT Sipirok kepada ANTARA, Minggu (7/8).

Festival anak saleh diikuti 65 peserta siswa/siswi MDA Sialagundi itu bertujuan untuk membangkitkan semangat belajar anak-anak usia dini dalam hal pendidikan agama islam khususnya di Kecamatan Sipirok.

"Disamping tugas kemahasiswaaan, selama KKN kita ingin berbuat yang terbaik bagi masyarakat termasuk festival anak saleh yang sekaligus memeriahkan 1 Muharram 1444 Hijriah ini. Dengan harapan generasi muda Sipirok yang islami dapat tumbuh kembang," kata Adri Chaniago, Ketua KKN UIN Sumut 205.

Festival itu diselenggarakan satu hari penuh pada (6/8/2022) dengan berbagai mata lomba seperti lomba azan, lomba mewarnai, lomba busana muslim, dan tahfiz juz amma. Sekaligus mendorong program pemerintah Tapsel yang cerdas.

"Malam harinya pemberian hadiah di Masjid At Taqorrub, Sialagundi. Kepada 12 orang pemenang dari berbagai mata lomba kita beri hadiah berupa tropy, sertifikat, dan buku panduan belajar anak-anak masdrasyah diniyah," kata Zefri lebih lanjut.

FKDT Sipirok dan UIN Sumut, kedua pihak ini lebih jauh berharap kepada masyarakat dan tokoh-tokoh agama di kecamatan itu khususnya dan Tapsel pada umumnya dapat menghidupkan kembali madrasyah-madrasyah yang tertinggal demi terarah nya pendidikan anak-anak madrasyah ke depan.

Terpisah Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan festival anak saleh yang dilakukan para mahasiswa KKN UIN Sumut yang mendapat support penuh FKDT Sipirok. 

"Selain menambah amal ibadah, dan mendukung program pemerintah daerah diharap kegiatan seperti ini berkelanjutan serta dapat diikuti desa-desa lainnya demi mewujudkan generasi muda islami Tapsel yang cerdas," harapnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022