Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Wakil Bupati Serdang Bedagai, Adlimn Tambunan di Seirampah, Jumat, mengatakan penghargaan yang diterima kali ini menjadi istimewa karena status Serdang Bedagai mengalami peningkatan.

"Sebelumnya beberapa kali Serdang Bedagai sudah mendapat penghargaan serupa dengan status Pratama. Sekarang kita naik satu tingkat ke Madya," katanya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada KPPPA yang sudah melaksanakan penilaian dan di saat yang sama selalu memberi dukungan terhadap implementasi program kerja Pemkab Serdang Bedagai, terutama dalam upaya memberantas stunting.

"Kami juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berkontribusi sehingga kami berhasil mendapatkan penghargaan ini, terkhusus kepada orang tua angkat maupun pihak terkait lainnya," katanya.

Baca juga: Serdang Bedagai dorong upaya rehabilitasi mangrove

Selain itu, bagi dia, prestasi yang diraih tersebut bisa menjadi motivasi bagi OPD terkait untuk menjaga kinerja, bahkan meningkat ke arah yang lebih baik.

"Saya optimistis level Nindya, bahkan Utama, bisa kita capai jika bekerja sama-sama dan bergotong royong. Insya Allah," katanya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Serdang Bedagai, dr. Helminur Iskandar Sinaga mengatakan, penghargaan tersebut diterima karena Kabupaten Serdang Bedagai memenuhi kriteria KLA.

"Kriteria tersebut antara lain sudah adanya regulasi dalam bentuk Peraturan Bupati yang mengatur tentang implementasi KLA, pengentasan stunting, dan sebagainya. Selain itu fasilitas publik seperti rumah ibadah yang layak anak. Ada pula Desa Layak Anak, Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), dan lainnya," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022