PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) menyiapkan pekerjaan menuju COD (Commercial Operations Date) Unit-3 setelah mendapatkan dukungan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Direktorat Jenderal Energi Baru dan Terbarukan (EBTKE). 

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak EBTKE dalam memberikan dukungan dan kepercayaan bagi kami, dan juga kepada semua pihak yang telah mendukung dan bersinergi secara positif,” kata COO CTO Riza Pasikki melalui siaran pers yang diterima di Medan, Sabtu (23/7). 

Riza menambahkan dalam menjalankan kegiatan pengembangan energi panas bumi yang aman dan berkontribusi di Mandailing Natal, pihaknya berkomitmen nelakukan perbaikan menyeluruh.

"Tentunya, kami menjadikan keselamatan kerja sebagai prioritas utama dalam kegiatan kami, termasuk dalam persiapan COD Unit-3," katanya.

Sukses pembukaan sumur T-10 pada 7 Juli 2022  dan tingkatkan produksi listrik tak kurang dari 10 MW, PT SMGP tengah siapkan rencana workover (WO) atau kerja ulang sumur T-11, sebagai bagian dari upaya untuk COD Unit-3.

Sebelumnya, terjadi luapan lumpur saat kegiatan pengeboran sumur T-12 pada 24 April 2022 lalu. Kegiatan operasional dihentikan, demi keselamatan pekerja, masyarakat sekitar dan lingkungan. Menyusul hasil investigasi pihak EBTKE dengan berbagai rekomendasi, PT SMGP telah melakukan perbaikan secara bertahap, dari teknis, keselamatan dan kesehatan kerja (K3), internal hingga tanggung jawab sosial. Hal ini juga meliputi pemulihan fungsi lingkungan yang terdampak kegiatan pengeboran tersebut. 

Dengan langkah-langkah yang dilakukan dan dilaporkan PT SMGP pada 30 Juni 2022, dan dalam rangka proses perizinan perbaikan sumur T-11 Wellpad T tersebut, pelaksanaan peninjauan EBTKE dilakukan di wilayah kerja PT SMGP pada Jumat, 22 Juli 2022. 

Tim EBTKE dipimpin Direktur Panas Bumi Harris beserta jajarannya. Turut hadir Pabung Polres Mandailing Natal M. Nainggolan. Sedangkan PT SMGP diwakili COO CTO Riza Pasikki, KTPB Terry Satria Indra, WKTPB Ali Sahid beserta tim CDCR, teknis, konstruksi, K3 PT SMGP, dan tim rig Kaishan. 

Kegiatan dimulai dengan pertemuan di DCS, dilanjutkan dengan peninjauan sumur T-11 di wellpad T. 

Silaturahmi juga berlangsung secara harmonis di kediaman kepala desa Hutanamale, Syaiful Bahri. 

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Panas Bumi Harris menggali kondisi dan hubungan antara PT SMGP dengan masyarakat. 

Dalam membina hubungan dengan pemangku kepentingan, agar koordinasi dan musyawarah antara PT SMGP dan masyarakat ditingkatkan.

Pewarta: Akung

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022