Kelurahan Selawan, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan mengikuti penilaian kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara mewakili Asahan.

Untuk melakukan penilaian, tim yang diketuai  Drs. Marzuki, MAP menjelaskan pelaksanaan penilaian desa dan kelurahan terbaik kabupaten/kota se-Sumatera Utara tahun 2022 merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing setiap tahunnya.

Marzuki juga mengatakan maksud dari penyelenggaraan penilaian Desa dan Kelurahan ini adalah untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil evaluasi perkembangan sebuah Desa dan Kelurahan serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan, Pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. sehingga hasil evaluasi ini menjadi dasar untuk memformulasikan berbagai program pembangunan di masa yang akan datang.

"Lomba ini jangan dijadikan beban, akan tetapi lebih dimaknai sebagai langkah konkrit untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ungkap Marzuki, Jumat (22/07) di kelurahan Selawan.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Asahan, Buwono Prawana menyampaikan beberapa keunggulan di Kelurahan Selawan diantaranya, memiliki ruang pelayanan administrasi terpadu yang bersih dan nyaman, adanya Aplikasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kelurahan Selawan yang disingkat Sipantas, Aplikasi yang menggunakan smartphone ini adalah suatu inovasi yang sangat efektif dalam penyelenggaraan Pemerintahan. 

"Dengan adanya Sipantas, masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Lurah, urusan masyarakat di kelurahan Selawan menjadi tuntas," sebut Buwono.

Buwono juga berharap kepada Lurah dan jajarannya agar mengerahkan semua kemampuannya dalam kompetisi ini. Menjadi pemenang pertama keinginan kita bersama tapi proses pemahaman yang menjadi tujuan utama, paham menyelenggarakan pemerintahan, paham memberdayakan masyarakat, paham melayani masyarakat serta paham memaksimalkan pengembangan potensi lokal untuk mensejahterakan masyarakat menuju masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter, serta Sumut yang bermartabat.

Acara dirangkai dengan penyampaian Ekspos oleh Lurah Selawan Zulkifli Panjaitan dan Ketua TP PKK Kelurahan Selawan Ny. Nur Ainun Zulkifli.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022