Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, terus memaksimalkan pembangunan di sektor pertanian dan untuk itu infrastruktur pertanian menjadi salah satu program prioritas pemerintah daerah setempat.

Wakil Bupati Serdang Bedagai, Adlin Umar Yusri Tambunan, di Seirampah, Sabtu, mengatakan, untuk membangun pertanian di Serdang Bedagai tidak berakhir jadi sekadar janji politik. 

Lewat "Sapda" atau Sapta Dambaan, Pemkab menjadikan pertanian mandiri dan berkelanjutan sebagai salah satu program unggulan dan prioritas.

"Saya bersama Pak Bupati sama-sama berupaya untuk menciptakan produksi padi yang maksimal. Tentu saja untuk sampai ke situ, ada beberapa syarat penting yang mesti dipenuhi. Salah satunya dukungan infrastruktur," katanya.

Kesadaran akan vitalnya peran infrastruktur, sambung Adlin, membuat dirinya dan Bupati Sergai giat mencanangkan pembangunan fasilitas pertanian. Misalnya memudahkan akses pengairan bagi para petani lewat pengadaan irigasi sawah.

"Kalau kebutuhan air untuk sawah bisa dipenuhi, jelas akan mendorong produktivitas lahan,” jelasnya.

Tak hanya fasilitas, Wakil Bupati juga menambahkan kalau pihaknya aktif mengajak dan memfasilitasi masyarakat untuk mengadopsi teknologi pertanian terbaru dan menggencarkan penggunaan bibit unggul.

"Zaman berubah. Sektor pertanian banyak mengalami perkembangan dan inovasi. Petani Sergai harus mampu beradaptasi. Untuk hal tersebut, Pemkab Sergai lewat dinas terkait akan terus membantu," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022