Anggota DPR RI, Dr. Sofyan Tan mendukung Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, untuk mengembangkan desa wisata karena sektor wisata dinilai mampu menjadi penghasil PAD yang menjanjikan.

"Tentunya diharapkan ke depannya dapat berdampak pada peningkatan perekonomian warga," katanya di Seirampah, Selasa, pada workshop Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Serdang Bedagai yang digelar oleh Kemenparekraf di Pantai Pondok Permai.

Lebih lanjut ia mengatakan, hal yang tidak boleh dikesampingkan salah satu faktor yang mampu meningkatkan kunjungan wisatawan adalah keamanan. 

"Oleh karena itu, jika rasa aman itu dirasakan oleh setiap wisatawan yang sudah mendatangi suatu tempat, bukan tidak mungkin dia akan datang lagi dan semakin menikmati wisatanya karena aman dan nyaman,' katanya.

Sementara Direktur Pengembangan Destinasi Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Harwan Eko Cahyo melalui Koordinator Area 1 Ali Nurman mengatakan, untuk kelancaran pengembangan Desa Wisata agar berjalan dengan baik, yang dibutuhkan adalah sinergi dengan berbagai pihak.

Dalam kesempatan itu, ia menginginkan empat hal digelarnya workshop tersebut yakni Tahu, Paham, Sadar, dan Mau (TPSM). 

"Akan sulit untuk mengembangkan desa wisata jika pengetahuan dan pemahaman yang kita dapat tidak diiringi dengan kemauan," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022